Kepala BIN Yakin Pelaku Bom Bunuh Diri di Solo Simpatisan ISIS

Pelaku bom bunuh di Solo diduga simpatisan ISIS
Pelaku bom bunuh di Solo diduga simpatisan ISIS. (Detikcom)
Bom bunuh diri terjadi di halaman Polresta Solo, Jawa Tengah. Bom diledakkan oleh pelaku yang menggunakan sepeda motor, Selasa (5/7/2016) pagi.

"Ledakan terjadi sekitar pukul 07.35 WIB ketika anggota Polres sedang bersiap-siap menggelar apel dalam rangka operasi kepolisian," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar di Jakarta.

Sebelum meledakkan diri, pelaku berusaha menerobos masuk ke halaman Polresta. Namun, upaya tersebut dihalangi petugas. Saat dihalangi itulah, pelaku langsung meledakkan diri. Akibatnya, petugas Polresta yang berusaha menghalangi pelaku terluka. Adapun pelaku tewas saat meledakkan diri.

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso menduga pelaku bom bunuh diri di halaman Mapolresta Solo, Jl Adi Sucipto, merupakan anggota simpatisan ISIS. Kelompok teror yang berafiliasi dengan ISIS disebut punya strategi berbeda dalam melancarkan aksinya termasuk di Indonesia.

"Yang mendalami mengenai pelaku dan jaringannya tentunya polisi karena mereka yang menangani. Tapi analisa kami, itulah dari simpatisan ISIS. (Serangan teror) Di Indonesia memang rada spesifik targetnya, kalau yang di negara lain korbannya siapa saja," kata Sutiyoso, Selasa (5/7/2016), seperti diberitakan Detikcom.



BIN memang sudah mendeteksi adanya kemungkinan serangan yang dilakukan kelompok teror di Indonesia. BIN juga ikut menganalisis sejumlah serangan di luar negeri yang berkaitan dengan kelompok ISIS.

"ISIS telah mengubah strateginya dengan melakukan serangan di negara masing-masing oleh simpatsiannya. Perubahan strategi ini akibat kekalahan di medan tempur Iraq dan Syria," sebut Sutiyoso.

Sebelumnya Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan Polri bergerak cepat menyelidiki pelaku bom bunuh diri di Mapolresta Solo. Pelaku tewas karena bom yang dibawa diledakkan saat menerobos ke halaman Mapolresta.

"Nanti kita bisa teliti, bisa kita identifikasi dari kelompok mana. Nanti ketahuan, sabar saja," kata Badrodin saat dihubungi detikcom.
Kepala BIN Yakin Pelaku Bom Bunuh Diri di Solo Simpatisan ISIS Kepala BIN Yakin Pelaku Bom Bunuh Diri di Solo Simpatisan ISIS Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/04/2016 08:54:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.