Kronologi Baku Tembak yang Diduga Tewaskan Teroris Santoso

Daftar DPO teroris kelompok Santoso
Daftar DPO teroris kelompok Santoso. (Liputan6.com)
Dua orang dipastikan tewas dalam baku tembak antara Satgas Tinombala dan kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di hutan Tambarana yang terletak sekitar 60 Km dari Poso, tepatnya berada di Tambarana, Poso Pesisir Utara, Sulteng. Kejadian yang terjadi pada pukul 18.30 Wita Senin (18/7/2016) tadi menewaskan 2 orang yang salah satunya diduga Santoso.

Wakil Kapolda Sulawesi Tengah Kombes Leo Bona Lubis mengungkapkan kronologi kejadian tersebut. Dia menuturkan, baku tembak itu terjadi saat 17 anggota kepolisian tengah melakukan operasi pengejaran kelompok Santoso.



"Anggota tengah melakukan pengejaran, dan bertemu dengan kelompok yang berjumlah lima orang yang tidak dikenal. Sehingga terjadi kontak tembak. Dan kemudian ditemukan dua jenazah dan senjata M-16," ujar Leo Lubis, Senin (18/7/2016), seperti diberitakan Liputan6.com.

Namun begitu, dia enggan mengungkapkan di bagian mana dua orang tersebut terkena timah panas dari petugas kepolisian. Yang pasti, saat ini dua jenazah tersebut masih dalam proses evakuasi.

"Kita tidak fokus bagian mana yang tertembak. Kita masih melihat situasi untuk mengupayakan evakuasi korban dari lokasi," jelas Leo Lubis.

Terkait salah satu korban tewas yang diduga Santoso, ia mengungkapkan itu bisa terjadi. Hal ini mengingat beberapa ciri yang terdapat pada jenazah tersebut. "Dari ciri-ciri yang didapat patut diduga adalah Santoso," ucap dia.

Untuk proses identifikasi, kedua jenazah akan dibawa ke RS Bhayangkara Palu. "Jenazah masih di lokasi Hutan Tambarana Poso Utara. Masih berupaya dievakuasi. Prosedurnya, identifikasi akan dilakukan di RS Bhayangkara Palu," ungkap Leo.

Saat ini, dua jenazah masih berada di lokasi Hutan Tambarana Poso Utara. Kapusdokkes Polri Brigjen Pol Arthur Tampi mengatakan, pihaknya mengirim seorang ahli forensik dan ahli DNA. Keduanya berangkat ke RS Bhayangkara, Palu, Selasa (19/7/2016) pagi, sekitar pukul 05.30 WIB dengan penerbangan pertama Batik Air.

"Buat identifikasi dua jenazah besok kita kirim spesialis DNA dan Forensik. Berangkat pagi ini dari Cengkareng (Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten) pukul 05.30 WIB," ucap Arthur, Senin tengah malam.

Tampi menuturkan, dari proses identifikasi yang dilakukan besok, baru dapat dipastikan bahwa satu dari dua pria terduga teroris yang tewas adalah Santoso. Semua prosedur harus lebih dulu dilewati. Meski begitu, diakui Arthur, bahwa salah satu ciri fisik yang terdapat di salah satu jenazah memiliki kemiripan dengan Santoso. Yaitu tahi lalat di sekitar wajah.

"Tetap kita jalankan standar internasional. Yaitu harus lebih dulu diambil data dan dicocokkan ya. Yaitu ante mortem dan post mortem-nya," Tampi menjelaskan seputar rencana identifikasi kedua jenazah terduga teroris Poso tersebut.
Kronologi Baku Tembak yang Diduga Tewaskan Teroris Santoso Kronologi Baku Tembak yang Diduga Tewaskan Teroris Santoso Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/18/2016 12:26:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.