Kronologi Polisi Baku Tembak dengan Pencuri Mobil di Medan

Kapolresta Medan Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto (ketiga dari kanan), saat menjenguk polisi yang jadi korban penembakan
Kapolresta Medan Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto (ketiga dari kanan), saat menjenguk polisi yang jadi korban penembakan. (Tribun Medan)
Dua personel kepolisian di Medan, Sumut terlibat baku tembak dengan pelaku pencurian mobil Fortuner dan senpi jenis pistol. Diketahui, pelaku tersebut mencuri di Rumah AKBP Ahyan, Kasubdit 4 Intelkam Polda Sumut yang terletak di dJalan Cinta Karya Sari Rejo Medan Polonia.

Kapolresta Medan Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto mengatakan, kejadian tersebut terjadi pada Kamis (7/7/2016). Saat itu, pelaku yang diketahui bernama Ramadan Syahputra tersebut berhasil mencuri satu unit mobil Fortuner putih dan senpi jenis pistol merk Baretta Valtro, Kalibre 9 mm peluru karet.



"Saat malam tadi sekitar pukul 19.30 WIB, anggota menyamar dan melakukan transaksi jual beli mobil Fortuner warna putih tersebut," ujar Mardiaz saat ditemui detikcom di Rumah Sakit Murni Teguh Medan usai menjenguk dua polisi yang terkena tembakan oleh pelaku, Jumat (8/7/2016) malam.

Setelah itu, kemudian pelaku dibawa untuk menunjukkan keberadaan mobil tersebut. Saat diperjalanan, tepatnya di Jalan Flamboyan, pelaku tersebut curiga dan berusaha kabur.

"Sewaktu diperjalanan sekitar jalan Flamboyan (Pajak Melati) pelaku curiga dan berusaha keluar dari dalam mobil serta melakukan perlawanan di dalam mobil sehingga terjadi pergulatan di dalam mobil," ujarnya.

"Pelaku melakukan perlawanan. Kemudian terjadi pergulatan saat itu. Tak lama kemudian pelaku berusaha kabur dan melakukan penembakan terhadap petugas (polisi). Terjadi baku tembak," imbuh Mardiaz.

"Pelaku selanjutnya penembakan Aiptu Jhonson Hutajulu dan Bripka Rumapea menggunakan senjata jenis bareta. Atas kejadian tersebut Aiptu Heri Syahputra melakukan pemitingan terhadap pelaku kemudian Bripka Rumapea melakukan penembakan terhadap tersangka di dada," katanya.

Akibat kejadian itu, Aiptu Jhonson Hutajulu dan Bripka Rumapea terkena tembakan dari senjata jenis Bareta oleh pelaku. Kedua polisi tersebut pun dibawa ke Rumah Sakit Murni Teguh Medan untuk mendapatkan perawatan medis.

"Aiptu Hutajulu mengalami luka tembak di ketiak sebelah kiri dan telinga sebelah kiri. Sedangkan Bripka Rumapea mengalami luka tembakan di hidung. Sementara pelaku yang juga kena tembak kini dirawat di RS Bhayangkara Medan," paparnya.

Mardiaz menyebut, kedua polisi yang mengalami luka dan kini masih dirawat dalam keadaan sadar. Tak lama kemudian, salah seorang personel kepolisian yang mengalami luka tembak itu dibawa ke Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan untuk penanganan medis lebih lanjut. Sementara, pelaku kini dirawat di RS Bhayangkara Medan.

"Satu orang personel kepolisian yang mengalami luka dipindah ke Rumah Sakit Adam Malik, karena dokter spesialisnya nggak ada," terang Mardiaz usai menjenguk kedua polisi itu.
Kronologi Polisi Baku Tembak dengan Pencuri Mobil di Medan Kronologi Polisi Baku Tembak dengan Pencuri Mobil di Medan Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/08/2016 09:40:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.