Kronologi Truk Tabrak 5 Kendaraan dan Bengkel di Cianjur, 10 Tewas

Penampakan truk menabrak bengkel di Cianjur
Penampakan truk menabrak bengkel di Cianjur. (Istimewa)
Kecelakaan parah terjadi di Kampung Bangbayang, Kecamatan Gekbrong, Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (30/7/2016). Truk menabrak motor, angkot, pejalan kaki, hingga bengkel. Sedikitnya 10 orang tewas yaitu 4 orang meninggal di tempat dan 6 orang meninggal saat dalam perawatan medis. Selain itu , terdapat 3 korban luka berat dan 6 lainnya luka ringan.

Tampak bangunan bengkel hancur nyaris rata dengan tanah. Pemilik bengkel dikabarkan terluka berat. Di titik lainnya, angkot berwarna putih mengalami kerusakan di bodi. Bagian tengah minibus ini melengkung karena diseruduk truk. Bagian depan ringsek.
Bangunan bengkel hancur nyaris rata dengan tanah
Bangunan bengkel hancur nyaris rata dengan tanah. (Detikcom)
Sementara di bawah ini, 2 motor rusak parah. Bagian depan salah satu motor pecah berantakan. Berdasarkan data polisi, ada 5 kendaraan yang jadi korban truk. Yakni angkot, bernopol F 2989 YY, Yamaha Mio nopol F 6557 YR, Honda Vario nopol F 2972 YN, Suzuki Next nopol G 4296 XA, Honda Revo nopol F 3358 ZB.

Sejauh ini, berdasarkan data Palang Merah Indonesia (PMI) Cianjur, 10 orang tewas. Sebagian di antaranya pelajar. Berikut nama-nama korban tewas akibat kecelakaan yang sudah diidentifikasi, seperti dilaporkan Detikcom.

1. Muhammad Iam (11)
2. Marsa (4)
3. Siti Aminah (16)
4. Siti Fatmawati (13)
5. M Yusep (16)
6. Herdiana (34)
7. Komar
8. Aisyah (35)
Salah satu korban pengemudi sepeda motor
Salah satu korban pengemudi sepeda motor. (Istimewa)
"Dua korban lainnya masih belum teridentifikasi. Kita masih fokus juga di korban yang mengalami luka berat dan ringan," kata Kepala Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cianjur, Hery Hidayat, sekira pukul 12.30 WIB, Sabtu (30/7/2016).

Tiga korban luka berat masing-masing Asep Suhandi (35) sopir truk, Jujun (30) kernet dan Ade Irawan yang diduga saat kejadian berada di dalam bengkel yang tertabrak truk nahas itu.

Sementara Kapolres Cianjur AKBP Asep Guntur Rahayu mengatakan, kecelakaan diduga karena rem blong. Selain itu, sopir diduga belum menguasai jalur di sekitar daerah Bangbayang. Sopir dan kernet terluka berat akibat dalam kejadian ini.

"Seperti diketahui trek jalan ini turunan panjang dan sedikit berkelok. Salah perhitungan sedikit saja bisa kejadian seperti ini," terang Guntur lagi.

Salah seorang pengguna jalan yang berada di belakang angkot, Ginda (26), menyebut, truk nahas itu memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi. Tiba-tiba membanting setir ke kanan dan menabrak angkot lalu berhenti setelah menabrak rumah di kanan jalan.
Kondisi angkot yang ringsek usai ditabrak truk
Kondisi angkot yang ringsek usai ditabrak truk. (Istimewa)
"Truk kecepatan tinggi dari arah Sukabumi menuju Warungkondang Cianjur, lalu tiba-tiba pas di lokasi dia banting setir ke kanan jalan menabrak angkot dan motor dari arah berlawanan. Motor sempat terseret beberapa meter dan berhenti setelah truk menabrak rumah," kata Ginda.

Andi (30) mengaku juga menyaksikan langsung saat truk tersebut oleng menabrak 4 motor dan 1 angkot. Andi yang saat kejadian berada di belakang angkot langsung memarkirkan kendaraannya dan ikut turun menyelamatkan korban.



"Ada korban yang posisinya berada di bawah angkot. Sopir angkot tak sadarkan diri. Saya juga liat ada korban lain yang bergelimpangan di jalan. Saya langsung ikut geser-geser tubuh korban di tengah jalan, motornya ringsek," tutur Andi, sekira pukul 14.00 WIB, Sabtu (30/7/2016).

Andi mengaku tak mengetahui kondisi dan jumlah pasti penumpang di dalam angkot. karena begitu kejadian warga setempat langsung melakukan evakuasi penumpang dalam kendaraan tersebut.

"Suasananya panik, saya sendiri sampai gemetaran ngeliat banyaknya tubuh korban yang bergelimpangan. Gak sempat menghitung korban di dalam angkot, saya fokus bantuin sopir angkot juga tergencet. Kondisinya tak sadarkan diri," lanjutnya.
Kronologi Truk Tabrak 5 Kendaraan dan Bengkel di Cianjur, 10 Tewas Kronologi Truk Tabrak 5 Kendaraan dan Bengkel di Cianjur, 10 Tewas Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/30/2016 06:02:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.