Mengenal Robson-Kanu, Pemain Terbaik Laga Wales Vs Belgia

Selebrasi gol Hal Robson-Kanu saat melawan Belgia
Selebrasi gol Hal Robson-Kanu saat melawan Belgia. (Facebook/FAWales)
Hal Robson-Kanu menjadi pemain terbaik dalam pertandingan atau "Man of the Match" pada laga perempatfinal Euro 2016 antara Wales versus Belgia. Pesepakbola yang kini tanpa klub menyumbang satu gol dari kemenangan negaranya. Hasil itu memastikan Wales akan menantang Portugal di semifinal Euro pada pekan depan.



"Kami sudah bekerja untuk hal ini selama bertahun-tahun dan malam ini kami mendapat imbalannya dan meraih peluang. Kami sangat bangga melakukannya untuk membuat negara bangga," kata Robson-Kanu kepada UEFA usai pertandingan, Sabtu, seperti dilansir Antara.

Robson-Kanu mencetak gol ke gawang Belgia pada babak kedua setelah melewati tiga bek dengan meniru gerakan putaran ala Johan Cruyff kemudian menembakkan bola yang tidak mampu ditangkap Thibout Courtois.



Selain itu, pelatih Wales Chris Coleman mengatakan kemampuan fisik Robson-Kanu memang kerap membuat bek-bek Belgia kerepotan.

"Secara fisik, dia adalah mimpi buruk untuk bek. Dia penuh semangat, ia terlibat dalam begitu banyak pekerjaan dan saya senang ia mencetak golnya," kata Coleman.

Coleman menambahkan, "Dia hampir melewatkan turnamen ini akibat cedera."

Lahir di Acton, Greater London, 21 Mei 1989, Robson yang berposisi sebagai gelandang sayap awalnya memperkuat tim sekolah sepak bola Arsenal pada usia 10 tahun. Pada usia 15 tahun, ia pindah ke Reading yang saat itu pelatih usia mudanya adalah Brendan Rodgers. Mulai 2007 hingga tahun ini, ia memperkuat Reading dengan penampilan sebanyak 198 kali dan 24 gol. Kontraknya di Reading pun tak diperpanjang sehingga Robson berstatus tanpa klub mulai Juni 2016.

Pada awalnya, Robson-Kanu sebenarnya memperkuat Inggris U19 dan U20. Pada 2010, ia memutuskan untuk bergabung dengan Wales karena darah sang nenek. Pada 20 Maret 2013, ia mencetak gol pertamanya untuk Wales.

Selama babak kualifikasi Euro 2016, ia mencetak gol 1 gol selama 9 penampilan memperkuat Wales. Pada 11 Juni, saat melawan Slovakia di babak 16 besar, ia masuk pada babak kedua tepatnya menit ke-71 dan mampun mencetak gol kemenangan 2-1 atas lawannya tersebut. Aksi gemilang terjadi saat melawan Belgia di babak perempat final, ia mampu mengecoh tiga bek Belgia dengan gerakan 'Cruff', lalu mencetak gol.

Gol ini menjadi magnet untuk para penggemar klub sepak bola. Di media sosial Twitter, suporter-suporter klub di Inggris, mulai dari Leeds United, Newcastle United, Tottenham Hotspur, bahkan Arsenal, meminta manajemen klub mereka mengontrak Robson-Kanu.

Dengan status Robson-Kanu sebagai pemain bebas transfer, klub manapun yang menjadi destinasinya tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Bukan tidak mungkin, harapan salah satu suporter di atas bisa menjadi kenyataan.
Mengenal Robson-Kanu, Pemain Terbaik Laga Wales Vs Belgia Mengenal Robson-Kanu, Pemain Terbaik Laga Wales Vs Belgia Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/01/2016 10:07:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.