Mengenal Tim Kaine, Cawapres yang Dipilih Hillary Clinton

Hillary Clinton dan Tim Kaine, capres dan cawapres Partai Demokrat
Hillary Clinton dan Tim Kaine, capres dan cawapres Partai Demokrat. (Istimewa)
Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, akhirnya memilih Tim Kaine sebagai calon wakil presidennya. Kaine merupakan Senator Virginia yang berpengalaman dalam kebijakan luar negeri.



"Saya bersemangat untuk mengumumkan pendamping saya dalam pencapresan, @timkaine, seorang pria yang mengabdikan diri berjuang untuk orang lain. -H," demikian pengumuman Hillary melalui akun Twitter-nya, seperti dilansir AFP dan Detikcom, Sabtu (23/7/2016).


Menanggapi pengumuman itu, Kaine yang berusia 58 tahun langsung memberi tanggapan. "Baru saja selesai berbicara via telepon dengan Hillary. Saya merasa terhormat untuk menjadi pendampingnya dalam pencapresan. Tidak sabar untuk segera memulainya besok di Miami," ucap Kaine juga melalui akun Twitter-nya.

Siapakah sebenarnya Tim Kaine? Ia lahir di Minnesota dan seorang pengacara lulusan Harvard, seperti juga Presiden Barack Obama. Kaine sempat mengambil cuti setahun dari Harvard untuk bekerja sebagai misionaris Katolik dan guru di Honduras.

Menurut biografinya, Kaine mengamati kemiskinan dari dekat di Amerika Tengah dan melihat bagaimana hal itu berdampak pada jiwa manusia. Waktunya di sana disebut-sebut telah membuatnya mendukung pemberian kewarganegaraan untuk imigran ilegal di Amerika Serikat -- sikap yang mungkin menarik pemilih Latino.

Kaine yang fasih berbahaya Spanyol ini dikenal sebagai politikus berpengalaman dalam urusan kebijakan luar negeri. Dia pernah bertugas dalam Komisi Angkatan Bersenjata dan Hubungan Internasional Senat AS.

Kehadiran Kaine diprediksi mampu menarik pemilih dari dua kalangan penting, yakni kelompok etnis Hispanik dan dari negara bagian Virginia yang selama ini dipenuhi swing voters atau tidak didominasi pemilih Partai Demokrat maupun Partai Republik.

Kaine memulai karir politiknya sebagai anggota dewan kota di Richmond, Virginia, tahun 1994. Dia kemudian terpilih menjadi walikota dan gubernur. Ia memiliki kredensial kebijakan luar negeri yang kuat, tidak hanya dari periode di Honduras, tapi juga dari keanggotaannya di dalam komite senat untuk hubungan internasional dan militer.

Kaine beragama Katolik dan secara pribadi menolak aborsi, tapi ia mendukung hak perempuan untuk membuat pilihan. Ia mendukung perjanjian kemitraan perdagangan Trans-Pasifik (TPP), yang telah dikritik baik liberal maupun konservatif.

Dipilihnya ia sebagai cawapres mungkin akan membuat sejumlah pendukung Demokrat yang progresif akan kecewa karena berharap Clinton akan memilih kandidat yang lebih liberal.

Namun, sosok Kaine dipandang sebagai pilihan aman bagi Hillary yang akan menghadapi pertarungan sengit dari capres Partai Republik, Donald Trump, dan cawapresnya Mike Pence pada November mendatang.

"@timkaine adalah sosok optimistis yang tegas, yang meyakini tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan jika akan sungguh berusaha menyelesaikannya. Prinsip yang diyakini @timkaine: keyakinan bahwa Anda bisa membuat perbedaan melalui tugas publik," puji Hillary untuk cawapresnya.
Mengenal Tim Kaine, Cawapres yang Dipilih Hillary Clinton Mengenal Tim Kaine, Cawapres yang Dipilih Hillary Clinton Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/22/2016 08:42:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.