Nama Otak Bom Bandara Istanbul Akhmed One-Arm, Petinggi ISIS dari Rusia

Tampang Ahmed One-Arm, diduga otak teror bom Bandara Istanbul
Tampang Ahmed One-Arm, diduga otak teror bom Bandara Istanbul. (Foto: georgianjournal.ge)
Otak teror bom di bandara Ataturk, Istanbul, Turki disebut sebagai petinggi dalam kementerian perang Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Dia mengarahkan tiga pengebom bunuh diri di bandara Ataturk dalam teror yang merenggut 44 nyawa.

Disampaikan Ketua Komisi DPR Amerika Serikat (AS) untuk Keamanan Dalam Negeri, Michael McCaul, seperti dilansir CNN dan Detikcom, Jumat (1/7/2016), otak teror bom bandara Ataturk disebut bernama Akhmed Chatayev yang berasal dari wilayah North Caucasus, Rusia.



Secara terpisah, media Turki melaporkan seorang pria dengan nama panggilan 'Akhmed One-Arm' sebagai orang yang mengatur dan merencanakan teror bom di Ataturk itu. Keberadaan Chatayev saat ini tidak diketahui jelas. Namun aktivitas militansinya tercatat dengan baik oleh sejumlah intelijen.

"Dia (Chatayev) ... mungkin musuh utama di wilayah North Caucasus, Rusia. Dia pergi ke Suriah dalam beberapa kesempatan dan menjadi salah satu letnan top untuk kementerian perang dalam operasi ISIS," tutur McCaul kepada CNN.

Tiga pengebom bunuh diri yang beraksi di bandara Ataturk pada Selasa (28/6) malam, tidak hanya mengenakan rompi peledak, tapi juga membawa senapan otomatis yang diduga jenis Kalashnikov. Dua pelaku meledakkan diri di dalam terminal internasional, sedangkan satu pelaku lainnya meledakkan diri di area parkir yang terletak satu lantai di bawahnya.

"Kami meyakini dia (Chatayev) berkoordinasi dengan tiga pengebom bunuh diri di Istanbul untuk melakukan serangan ini saat bulan Ramadan," imbuh McCaul.

Baca juga: (Video) Polisi Tembak Pelaku Sebelum Meledakkan Diri di Bandara Istanbul

Tahun lalu, Departemen Keuangan AS memasukkan nama Chatayev dalam daftar teroris dan menyebutnya merencanakan serangan terhadap fasilitas AS juga Turki. PBB menyebut Chatayev menjadi komandan dari 130 militan lainnya.

McCaul menyebut informasinya soal Chatayev didapat dari intelijen Turki. Namun otoritas Turki belum mengkonfirmasi keterlibatannya dalam teror bom bandara Ataturk.

Otoritas Turki meyakini ketiga pengebom bunuh diri berasal dari Rusia, Uzbekistan dan Kyrgyzstan. Mereka masuk ke Turki sejak sebulan lalu, dari Raqqah, Suriah yang juga markas kuat ISIS. Ketiganya membawa serta rompi peledak, bom dan rencana mematikan dari petinggi ISIS.
Nama Otak Bom Bandara Istanbul Akhmed One-Arm, Petinggi ISIS dari Rusia Nama Otak Bom Bandara Istanbul Akhmed One-Arm, Petinggi ISIS dari Rusia Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/01/2016 05:17:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.