Netizen Pertanyakan Alasan Jokowi Copot Anies Baswedan dari Mendikbud

Hari terakhir Anies Baswedan (tengah) sebagai Mendikbud
Hari terakhir Anies Baswedan (tengah) sebagai Mendikbud. (Foto: Istimewa)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk Muhajir Effendi menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menggantikan Anies Baswedan dalam reshuffle jilid II. Alasan Anies dicopot dari kabinet kerja karena tak melakukan gebrakan yang cepat selama menjabat sebagai Mendikbud. Padahal, dalam berbagai survey, sosok Anies merupakan salah satu menteri yang paling disukai masyarakat.

"Pak Anies juga bekerja dengan baik, tapi tentunya ada ekspektasi yang diinginkan Presiden dan Wapres ke depan ini yang mungkin berbeda," ungkap Pramono soal alasan Jokowi mencopot Anies di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (27/7).



Kini, banyak netizen mempertanyakan alasan Jokowi mencopot Anies. Mereka menilai, kinerja eks Rektor Universitas Paramadina tersebut cukup bagus sebagai orang nomor satu di Kemendikbud.

"Apa alasan pak Anies Baswedan diganti? Kami kira publik cukup puas dengan kinerja beliau. @jokowi," tanya akun @shafa_fakhira.

"Yaah kok pak Anies Baswedan & pak Ignasius Jonan ikutan di #Reshuffle gak habis pikir saya pak @jokowi," cuit akun @ariefsatriow.

Ucapan serupa juga datang dari Hanifa via akun @honeyvha_. "Pak Anies :((((. Baru kali ini aku bener-bener kecewa sama keputusan Pak Jokowi :(((((," imbuh dia.

Lalu kini netizen juga menebak alasan Jokowi mengganti Anies dengan tokoh Muhammadiyah Muhajir Effendi.

"Bisa jadi alasan Anies diganti Muhajir adalah politik keseimbangan. Supaya gak cuma NU yg di pemerintahan, orang Muhammadiyah juga dimasukin," ujar akun ‏@dzaky_prasista.

"Masih teka teki nih soal Anies yg diganti, tapi dr jaman orba kan biasanya Mendikbud dijabat org Muhammadiyah :)," kicau akun @anggicau.

Bagaimana reaksi Anies soal pencopotan dirinya?

Di hari terakhirnya sebagai bekerja sebagai menteri selama 20 bulan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Rabu (27/7/2016) ini, tak tampak kesedihan di raut wajah Anies. Sebagai seorang menteri, ia menerima apa pun keputusan Presiden. Kesedihan Anies justru tumpah ketika berpamitan dengan para stafnya.
Netizen Pertanyakan Alasan Jokowi Copot Anies Baswedan dari Mendikbud Netizen Pertanyakan Alasan Jokowi Copot Anies Baswedan dari Mendikbud Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/27/2016 04:32:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.