Portugal Juara Euro 2016, Ronaldo Torehkan Sejumlah Rekor

Cristiano Ronaldo mencium Piala Eropa
Cristiano Ronaldo mencium Piala Eropa. (Foto: UEFA)
Cristiano Ronaldo akhirnya mengangkat trofi bersama Portugal usai menjuarai Piala Eropa 2016. Gelar itu makin lengkap dengan sejumlah rekor yang ia torehkan.

Portugal keluar sebagai juara usai menundukkan Prancis di partai puncak. Selecao das Quinas menang 1-0 berkat gol Eder di masa perpanjangan waktu dalam laga yang digelar di Stade de France, Senin (11/7/2016) dinihari WIB.

Dalam pertandingan tersebut, Ronaldo memang tak bisa berkontribusi banyak lantaran sudah ditarik keluar di menit ke-25 karena cedera. Tapi, beberapa rekor sudah dicatatkan oleh pemain berusia 31 tahun itu sepanjang partisipasinya di putaran final di Prancis.



Berikut adalah rekor-rekor yang ditorehkan Ronaldo di Piala Eropa 2016 seperti dikutip dari situs UEFA:

- Pencetak gol terbanyak di putaran final Piala Eropa
Sebelum Piala Eropa 2016 bergulir, Ronaldo sudah mengoleksi enam gol di putaran final. Jumlah itu menempatkannya bersama beberapa nama seperti Ruud van Nistelrooy, Patrick Kluivert, Thiery Henry, Nuno Gomes, dan Zlatan Ibrahimovic.

Ronaldo lantas menambah tiga gol lagi selama putaran final di Prancis. Gol sundulannya ke gawang Wales di babak semifinal membuat koleksi gol Ronaldo menjadi sembilan. Dengan jumlah tersebut, Ronaldo ada di urutan teratas daftar pencetak gol terbanyak di putaran final Piala Eropa, bersanding dengan Michel Platini.

- Pemain dengan penampilan terbanyak di putaran final Piala Eropa
Ronaldo sudah tampil 14 kali di putaran final Piala Eropa saat menuju ke Prancis. Ronaldo kemudian jadi pemain pertama yang tampil 17 kali di putaran final saat tampil melawan Hongaria, melewati rekor Lilian Thuram dan Edwin van der Sar (16).

Berlaga sampai final, Ronaldo kini tercatat sudah tampil 21 kali. Ia mengungguli Bastian Schweinsteiger (18) yang terhenti di semifinal dan Gianluigi Buffon (17) yang hanya sampai perempatfinal.

- Pemain pertama yang mencetak gol di empat putaran final Piala Eropa
Ronaldo memulai Piala Eropa 2016 di Prancis sebagai salah satu dari tujuh pemain yang sudah mencetak gol di tiga putaran final. Ia bersaing dengan Zlatan Ibrahimovic untuk menjadi pemain pertama yang mencetak gol di empat putaran final.

Ronaldo harus menunggu hingga laga ketiga di fase grup melawan Hongaria untuk memecahkan rekor tersebut. Dengan Ibrahimovic yang sama sekali tak mencetak gol selama di Prancis, maka rekor tersebut jadi millik Ronaldo seorang. Ronaldo juga jadi satu-satunya pemain yang mencetak tiga gol di lebih dari satu putaran final.

Gol-gol Ronaldo di Piala Eropa
2004: vs Yunani (1), vs Belanda (1)
2008: vs Republik Ceko (1)
2012: vs Belanda (2), vs Republik Ceko (1)
2016: vs Hongaria (2), vs Wales (1)

- Pemain dengan penampilan terbanyak untuk Portugal
Ronaldo menorehkan rekor lainnya di pertandingan melawan Austria di matchday 2 fase grup. Ia melewati rekor Luis Figo (127) sebagai pemain Portugal dengan caps terbanyak dengan 128 pertandingan. Sampai laga final, Ronaldo menajamkan rekornya menjadi 133 caps.

- Pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Piala Eropa (termasuk kualifikasi)
Dengan sembilan gol yang ia buat di putaran final, Ronaldo kini sudah mengoleksi total 29 gol di Piala Eropa termasuk kualifikasi. Ia mengungguli Zlatan Ibrahimovic yang membukukan total 25 gol.
Portugal Juara Euro 2016, Ronaldo Torehkan Sejumlah Rekor Portugal Juara Euro 2016, Ronaldo Torehkan Sejumlah Rekor Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/11/2016 06:05:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.