Santoso Diduga Tewas Saat Baku Tembak dengan Satgas Tinombala di Poso

Ilustrasi pria mirip teroris Santoso tewas di hutan Poso
Ilustrasi pria mirip teroris Santoso tewas di hutan Poso. (Foto: Istimewa)
Teroris nomor satu yang kini paling dicari di Indonesia, Santoso dikabarkan tewas dalam baku tembak antara Satgas Tinombala dengan kelompoknya di Pegunungan Sambarana, 60 km dari Poso, Senin (18/7/2016) sore tadi. Dalam baku tembak itu, pimpinan MIT yang selama ini diburu, Santoso alis Abu Wardah diduga tewas tertambak.

"Dua OTK mati kena tembak. Kami belum pastikan dia adalah Santoso. Tapi diduga salah satunya adalah Santoso," ujar Wakapolda Sulteng Kombes Leo Bona Lubis, seperti diberitakan detikcom.



Peristiwa baku tembak itu terjadi sekitar pukul 17.00 WITA. Tim Satgas Tinombala awalnya menemukan lima orang tak dikenal. "Ada dua akhwat dan tiga orang laki-laki," ujar Leo.

Dua orang laki-laki tersebut terkena luka tembak. Salah satu di antaranya itulah yang diduga merupakan Santoso. Sedangkan tiga lainnya melarikan diri.

Presiden Joko Widodo telah mendapatkan laporan kejadian ini.

"Setengah jam lalu, Menko Polhukam (Luhut Binsar Pandjaitan) telah melapor ke Presiden mengenai kontak senjata di Poso," kata Jubir Presiden Johan Budi SP, Senin.

Johan mengatakan, dalam laporan itu disebutkan ada 5 orang yang dilumpuhkan. Dua di antaranya meninggal dunia. Salah satu dari dua orang yang meninggal itu berciri-ciri seperti Santoso.

"Salah satu mayat, berciri-ciri seperti Santoso. Mayatnya itu ada tahi lalatnya. Persis seperti ciri-ciri dari Santoso," kata Johan.

Sementara, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, malam ini jenazah pria diduga Santoso itu akan dibawa ke RS Bhayangkara untuk diidentifikasi.

"Sekarang lagi dikroscek sementara, mereka masih di lapangan. Nanti kami akan bawa ke RS Bhayangkara untuk dibersihkan sesudah itu akan dikonfirmasi," kata Tito di Istana Negara, Jl Veteran, Jakpus, Senin.

Tito menjelaskan, di RS Bhayangkara akan dilakukan berbagai prosedur identifikasi. Sehingga, nantinya benar-benar bisa disimpulkan apakah pria berjenggot dan bertahi lalat adalah benar Santoso, teroris paling dicari di Indonesia.

"Dicek pengenalan wajah dulu sementara, setelah itu kemudian kami akan tes DNA untuk mengenali siapa yang bersangkutan," jelas Tito.

Namun, Kapolri membenarkan bahwa ciri pria yang tewas mirip dengan Santoso. "Memang ada tanda-tanda tahi lalat di dahinya yang menjadi ciri khas Santoso. Tapi sekali lagi saya belum bisa konfirmasi teman-teman juga sedang melakukan evakuasi untuk identifikasi siapa yang bersangkutan," tegas Tito.
Santoso Diduga Tewas Saat Baku Tembak dengan Satgas Tinombala di Poso Santoso Diduga Tewas Saat Baku Tembak dengan Satgas Tinombala di Poso Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/18/2016 07:52:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.