Sebelum Putuskan Jalur Parpol atau Independen, Ahok Menunggu PDIP?

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. (Foto: Liputan6.com)
Sebenarnya di atas kertas dengan berbekal dukungan dari Golkar, NasDem, dan Hanura, sudah lebih dari cukup bagi Ahok untuk maju lewat jalur parpol ke Pilgub DKI. Fakta lain, nyatanya Ahok juga punya sejuta dukungan KTP pendukung untuk maju lewat jalur independen. Namun nyatanya Ahok masih menunggu dukungan PDIP.

Untuk apa menunggu dukungan PDIP?

"Perlulah. Orang baik dengan PDIP kok kita," kata Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (18/7/2016), seperti diberitakan Detikcom.



Pernyataan Ahok ini memantik tanda tanya, kenapa calon terkuat di Pilgub DKI ini masih menunggu dukungan PDIP? Sejumlah spekulasi pun beredar, termasuk isu Ahok tak ingin PDIP mengusung Tri Rismaharini maju Pilgub DKI. PDIP memang semakin kerap menyebut Risma sebagai kepala daerah sukses yang layak diusung ke Pilgub DKI.

"Bu Risma sebagai salah satu kepala daerah yang dinilai PDIP berhasil, mampu membawa Surabaya menjadi ruang publik dan kebijakan publiknya berorientasi kepada rakyat bawah. Sehingga ini juga merupakan salah satu tokoh yang dicermati oleh DPP PDIP," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan usai silaturahim Bapilu PDIP pada Minggu (17/7).

Selain Risma, PDIP juga punya banyak kader potensial yang layak diusung di Pilgub DKI. Ada Djarot Saiful Hidayat (DKI), Ganjar Pranowo (Jateng), Bambang DH (Surabaya), Abdullah Azwar Anas (Banyuwangi) hingga Samanhudi Anwar (Blitar). Ada juga Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo.

Isu lain yang beredar, Ahok masih ingin berduet dengan Djarot di Pilgub DKI, soal hal ini Ahok pernah bicara soal kemungkinan rujuk politik ini. Duet Ahok-Djarot sejauh ini mendapat dukungan penuh di DPRD DKI di tengah banyaknya guncangan politik. Sementara itu, meski terus gerilya sendiri menuju Pilgub DKI, kabarnya Djarot juga masih ingin duet dengan Ahok, duet Ahok-Djarot juga disebut sejumlah elite PDIP cukup berhasil sejauh ini.

Di luar isu yang berkembang itu, tentu hanya Ahok yang tahu alasan kenapa harus menunggu PDIP. Yang jelas Ahok harus memutuskan dalam waktu dekat apakah ia akan memilih jalur parpol atau tetap di jalur independen.

Terkait keputusan lewat jalur parpol atau jalur independen ini Ahok telah bertemu dengan Teman Ahok. Teman Ahok akan menggelar pertemuan dengan parpol pendukung Ahok akhir bulan ini. Hasil pertemuan ini akan dijadikan dasar Ahok mendeklarasikan pencalonannya bersama cagub pasangannya, apakah di jalur independen atau lewat jalur parpol.

Apakah PDIP ada di belakang Ahok di last minutes nanti, ataukah justru berhadapan dengan Ahok dengan mengusung cagub DKI jagoannya sendiri?
Sebelum Putuskan Jalur Parpol atau Independen, Ahok Menunggu PDIP? Sebelum Putuskan Jalur Parpol atau Independen, Ahok Menunggu PDIP? Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/18/2016 10:07:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.