Sedang Diuji Coba, Ini Penampakan KA Ekonomi Rasa Eksekutif

Penampakan bagian dalam KA Ekonomi rasa Eksekutif
Penampakan bagian dalam KA Ekonomi rasa Eksekutif. (Detikcom)
PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI baru saja meluncurkan kereta api kelas ekonomi dengan fasilitas yang hampir setara dengan kelas eksekutif. Kereta ekonomi rasa eksekutif ini mulai diuji coba sejak 3 Juli 2016 hingga 2 minggu ke depan, atau sampai 17 Juli 2016.

Uji coba selama 2 minggu ini sekaligus menambah kebutuhan angkutan lebaran.

Kereta ekonomi dengan fasilitas yang baru ini sementara melayani rute Kutoarjo-Pasar Senen PP, dengan frekuensi keberangkatan sebanyak satu kali sehari dari masing-masing stasiun.

Fasilitas di dalam kereta ekonomi yang baru ini juga lebih nyaman dibandingkan kereta ekonomi pada umumnya. Kereta ekonomi dengan rasa eksekutif ini memiliki pendingin ruangan sentral yang juga dilengkapi dengan televisi, berbeda dengan kereta ekonomi yang dilengkapi dengan AC split dan tidak dilengkapi dengan televisi.



Di dalam gerbong, kereta ekonomi yang baru ini juga dilengkapi dengan kamera pengawas, televisi, hingga fasilitas toilet yang lebih modern.

"Diuji coba dari tanggal 3 Juli kemarin sampai 17 Juli ini masih percobaan. Jadi untuk antisipasi kebutuhan angkutan lebaran dulu sampai tanggal 17 Juli. Ini kita sesuaikan dengan kebutuhan nanti," jelas VP Corporate Communication Agus Komarudin, Selasa (5/7/2016), seperti diberitakan Detikcom.

Tingkat okupansi pada kereta ekonomi yang baru ini juga sudah mencapai 100% selama 3 hari sejak awal diluncurkan. Animo masyarakat dalam menggunakan moda transportasi massa bebas hambatan ini cukup tinggi, mulai dari Kutoarjo maupun dari Pasar Senen di Jakarta.

"Jadi 100% itu mulai 3 Juli kemarin berangkat dari Stasiun Pasar Senen 100%, ini barusan 100% lagi," tutur Agus.

PT KAI pun tidak menutup kemungkinan jika ke depannya terjadi penambahan rute perjalanan kereta api menggunakan kereta ekonomi dengan fasilitas terbaru ini. Pihaknya akan melakukan evaluasi terlebih dahulu sebelum akhirnya melakukan penambahan rute ke beberapa kota tujuan lainnya di Pulau Jawa.
Penampakan toilet duduk dan kereta makan
Penampakan toilet duduk dan kereta makan. (Detikcom)
"Rangkaian yang sekarang ini belum kita arahkan ke mana-mananya. Nanti setelah kita evaluasi setelah lebaran ini akan dipakai rangkaian panjang kah, Kutoarjo kah, dan sebagainya," kata Agus.

Kereta ini dua hari lalu dioperasikan mulai dari Kutoharjo 23.00 WIB sampai di stasiun Pasar Senen 07.40 WIB tadi pagi, kemudian berangkat lagi dari Senen 11.15 WIB.

Ada 10 kereta kelas ekonomi baru dalam 1 rangkaian kereta rute Pasar Senen-Kutoarjo. Untuk menikmati kereta ekonomi rasa eksekutif ini, penumpang dikenakan tarif Rp 250.000. Ini memang lebih mahal jika dibandingkan tarif kereta api ekonomi yang biasa.

Kemudian, jumlah penumpang yang dapat diangkut menggunakan kereta ekonomi yang baru ini lebih banyak dibandingkan dengan kereta bisnis. Kereta ekonomi dengan rasa eksekutif mampu menampung 800 penumpang, sedangkan kelas bisnis pada umumnya hanya mampu mengangkut 640 penumpang.
Penampakan luar KA Kutojaya Ekstra Lebaran
Penampakan luar KA Kutojaya Ekstra Lebaran
"Sebenarnya jumlah penumpang masih banyakan ini ya 80, kalau bisnis itu 64 kan per gerbong. Sekali keberangkatan 800 kereta ini 10 gerbong jadi 800, kalau bisnis 640," tutur Agus.

Dia menambahkan, kereta ekonomi rasa eksekutif dengan rute Kutoarjo-Pasar Senen PP menawarkan kenyamanan yang lebih kepada penumpang dibandingkan kereta pada kelas lainnya.

"Sebenarnya ini kan baru ya, secara fisik dan tampilan sebagainya lebih nyaman ini sih," tutup Agus.
Sedang Diuji Coba, Ini Penampakan KA Ekonomi Rasa Eksekutif Sedang Diuji Coba, Ini Penampakan KA Ekonomi Rasa Eksekutif Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/05/2016 05:57:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.