Tak Terkait ISIS, Penembak Brutal Munich Terinspirasi Anders Breivik

Tampang Ali Sonboly, pelaku penembakan di Munich
Tampang Ali Sonboly, pelaku penembakan di Munich. (Istimewa)
Kepolisian Munich, Jerman menegaskan pelaku penembakan brutal tidak terkait dengan militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Namun, polisi meyakini pelaku yang menderita depresi ini terobsesi pada pembunuhan massal.

"Berdasarkan pemeriksaan, tidak ada indikasi apapun soal adanya keterkaitan dengan ISIS. Juga tidak ada keterkaitan apapun pada isu pengungsi," terang Kepala Kepolisian Munich, Hubertus Andrae, dalam pernyataan terbarunya seperti dilansir Reuters dan Detikcom, Sabtu (23/7/2016).



Pernyataan Andrae didasarkan pada penggeledahan dan pemeriksaan apartemen maupun kamar pelaku di pinggiran Munich. Pada Sabtu (23/7) dini hari, sejumlah polisi bersenjata lengkap menggeledah apartemen di Dachauer Street, distrik Maxvorstadt, yang ditinggali pelaku bersama keluarganya.

Baca juga: Pakai FB Palsu 'Selina Akim', Pelaku Pancing Orang Berkumpul di McD

Andrae menyebut, penyelidikan semakin meneguhkan bahwa pelaku memang bertindak seorang diri. Pelaku yang berkewarganegaraan ganda Jerman-Iran ini juga diketahui lahir dan tumbuh besar di kawasan Munich. Sebelumnya polisi menyebut pelaku baru tinggal selama 2 tahun di Munich.

Hasil penggeledahan, sebut Andrae, juga mengungkap obsesi pelaku pada buku dan berbagai artikel soal pembunuhan massal. Pelaku diketahui mencari berbagai informasi dan artikel soal pria pembunuh massal asal Norwegia, Anders Behring Breivik dan aksi kejinya. Pada tahun 2011 lalu, Breivik mendalangi pembunuhan massal yang merenggut 77 nyawa, sebagian besar anak muda.
Anders Behring Breivik, pelaku penembakan massal di Norwegia
Anders Behring Breivik, pelaku penembakan massal di Norwegia. (Foto: Istimewa)
Breivik meledakkan bom di luar gedung pemerintahan Oslo yang menewaskan 8 orang dan kemudian menembaki 69 orang lainnya di kamp Labour Youth di Pulau Utoya. Atas tindakan kejinya itu, Breivik divonis 21 tahun penjara, yang masih bisa diperpanjang jika dia masih dianggap berbahaya.

"Keterkaitannya sangat jelas (pada Breivik)," tegas Andrae dalam konferensi pers terbaru, seperti dilansir AFP.

Baca juga: Mengenal Ali Sonboly, Pelaku Penembakan Brutal di Munich

Dalam tas ransel pelaku, yang awalnya dicurigai berisi bom, hanya ditemukan 300 butir peluru. Jaksa Munich, Thomas Steinkraus-Koch, menyebut pelaku yang berusia 18 tahun ini mengalami depresi dan pernah menjalani perawatan kejiwaan. Otoritas setempat belum merilis nama pelaku, meskipun berbagai media telah menyebut namanya sebagai Ali Sonboly.
Tak Terkait ISIS, Penembak Brutal Munich Terinspirasi Anders Breivik Tak Terkait ISIS, Penembak Brutal Munich Terinspirasi Anders Breivik Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/23/2016 06:50:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.