Takut Dianiaya Napi Lain di Rutan Salemba, Anwar Bakal Diisolasi

Anwar kembali ke Rutan Salemba dengan memakai jilbab dan lipstik
Anwar kembali ke Rutan Salemba dengan memakai jilbab dan lipstik. (Detikcom)
Kembali ke Rutan Salemba, napi yang divonis penjara seumur hidup, Anwar, bakal masuk sel isolasi. Tindakan dilakukan agar pria yang membunuh dan memerkosa keponakannya yang masih 12 tahun ini tak kabur lagi.

Anwar ditangkap polisi setelah seminggu melarikan diri dari rutan tersebut, Kamis (14/7/2016). Ia kabur lewat pintu utama dengan mengenakan jilbab dab gamis lalu berbaur dengan wanita pembesuk yang keluar rutan pada Kamis (7/7/2016).

“Sanksi buat dia jelas ada. Iya, bisa (diisolasi),” ujar Kepala Rutan Salemba, Satriyo, kepada wartawan, Jumat (15/7/2016), seperti diberitakan Pos Kota. “Kami khawatir dia bakal dianiaya napi lainnya. Bisa jadi, dia juga bakal dipindah dari Salemba.”

Ruang isolasi, sambungnya, adalah sel pengasingan khusus yang diperuntukkan bagi napi yang melarikan diri. Sel itu terpisah dari napi lain sehingga penghuni tak bisa berkomunikasi dengan siapapun.

“Kami khawatir dia bakal dianiaya napi lainnya. Bisa jadi, dia juga bakal dipi dah dari Salemba.”

Satryio juga mengatakan akan melakukan penataan internal rutan. Termasuk pemeriksaan sidik jari yang semula hanya dilakukan untuk pria pengunjung, akan diberlakukan juga pada wanita pengunjung.

(Baca: Pakai Gamis, Jilbab dan Kacamata, Begini Tampang Anwar Saat Kabur)

Satriyo menjelaskan, meskipun pernah mengelabui petugas, pihaknya tak akan ‘balas dendam’ kepada Anwar. Ia akan tetap diperlakukan sama dengan yang lainnya.

“Saya sudah larang anak buah untuk ‘sentuh’ dia. Justru dia akan kami amankan karena khawatir terjadi sesuatu padanya,” ujarnya.

Ia menegaskan dalam kasus kaburnya Anwar, tak ada sipir yang terlibat. Bahkan seluruh pen jaga rutan telah diperiksa.

“Sejauh ini tak ada yang melanggar, tak ada yang terlibat,” katanya, “kami sudah punya sistem meski tak lengkap dan kami akan ubah, seperti sidik jari dan foto.”
Takut Dianiaya Napi Lain di Rutan Salemba, Anwar Bakal Diisolasi Takut Dianiaya Napi Lain di Rutan Salemba, Anwar Bakal Diisolasi Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/15/2016 05:04:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.