Tim Kaine, Senator AS Lulusan Harvard yang Tak Pernah Kalah Pemilu

Tim Kaine, cawapres Hillary Clinton
Tim Kaine, cawapres Hillary Clinton. (Foto: politico.com)
Senator Virginia, Amerika Serikat (AS), Tim Kaine terpilih menjadi calon wakil presiden Partai Demokrat mendampingi capres Hillary Clinton. Kaine yang lulusan Harvard ini pernah menjadi Wali Kota Richmond dan Gubernur Virginia, sebelum menjabat Senator AS.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (23/7/2016), Kaine dikenal sebagai Senator Virginia terkenal yang memiliki kredibilitas kuat untuk urusan kebijakan luar negeri AS. Kemampuannya berbahasa Spanyol dianggap sebagai aset utama dalam menggalang dukungan dari warga keturunan Latin di AS.

Pujian dilontarkan Hillary bagi pendamping pencapresannya ini. Kaine disebut Hillary sebagai pria baik hati dan optimis. "@timkaine adalah sosok optimistis yang tegas, yang meyakini tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan jika akan sungguh berusaha menyelesaikannya," puji Hillary untuk cawapresnya.

Baca juga: Mengenal Tim Kaine, Cawapres yang Dipilih Hillary Clinton

Namun terlepas dari pujian itu, sosok Kaine juga dianggap sebagai 'pilihan jalan tengah' untuk membantu Hillary meraup dukungan dari kalangan pemilih independen pria. Selama ini Hillary memang lebih merajai di kalangan pemilih wanita.

Di sisi lain, Kaine menyadari dirinya kurang menarik perhatian, dengan mengatakan 'Saya membosankan' dalam penampilan televisinya baru-baru ini. Memang, selama ini Kaine yang cenderung pendiam tidak banyak melontarkan pernyataan keras untuk siapapun.

Namun bagi beberapa pendukungnya, Kaine memiliki intuisi yang tidak pernah salah dalam mengarungi badai di lautan politik AS. Kaine terpilih menjadi Wali Kota Richmond, Virginia pada Juli 1998, kemudian menjabat Gubernur Virginia tahun 2006 dan menjabat Senator Virginia tahun 2012.

"Dia tidak pernah kalah dalam pemilu," sebut Hillary soal cawapresnya, baru-baru ini.

Pernah Dijagokan Jadi Cawapres Obama Tahun 2008

Pernah menjabat sebagai Ketua Komisi Nasional Partai Demokrat, sosok Kaine masuk dalam daftar teratas politikus Demokrat. Tahun 2008 lalu, namanya pernah dijagokan menjadi cawapres Barack Obama. Tahun itu, Kaine mendukung Obama dan membuat marah pendukung Hillary yang juga mencalonkan diri. Namun tahun ini, Kaine menyatakan dukungan pada Hillary sejak awal.

Meskipun saat itu Obama memilih Joe Biden sebagai cawapres, Kaine tetap membantu Obama mengubah negara bagian Virginia dari yang sebelumnya didominasi warna merah, warna Partai Republik, menjadi didominasi warna biru, warna Partai Demokrat. Itu pertama kalinya negara bagian Virginia memilih seorang presiden dari kalangan Demokrat sejak mantan Presiden AS Lyndon B Johnson tahun 1964 silam.

Kaine yang lulusan kampus bergengsi Harvard Law School ini memiliki pengalaman 18 tahun sebagai pengacara. Bahkan hingga kini, Kaine masih menjalankan profesi sebagai pengacara, dengan mewakili beberapa klien dalam kasus diskriminasi dan membela beberapa narapidana mati.

Ayah dari tiga anak yang menikah dengan istrinya, Anne, selama 32 tahun ini menyebut, rasa keadilannya diinspirasi oleh keyakinannya yang teguh pada ajaran Katolik Roma. Saat mengenyam pendidikan di Harvard, Kaine rela cuti setahun demi misi keagamaan di Honduras, yang membantunya memperlancar kemampuan bahasa Spanyol.

Hari Terburuk dalam Hidupnya

Salah satu penembakan massal terburuk dalam sejarah AS terjadi tahun 2007 lalu, di kampus Virginia Tech. Sedikitnya 32 orang tewas saat Kaine menjabat Gubernur Virginia.

"Itu merupakan hari terburuk dalam hidup saya, dan itu akan selalu menjadi hari terburuk dalam hidup saya," ucapnya saat rapat dengar pendapat dengan Senat AS.

Baru-baru ini, Kaine menjadi salah satu politikus Demokrat yang gencar menyerukan disahkannya undang-undang pembatasan senjata api di AS. Pengesahan undang-undang itu terhambat oleh sikap keras politikus Partai Republik, yang menolak untuk membahasnya dalam parlemen.
Tim Kaine, Senator AS Lulusan Harvard yang Tak Pernah Kalah Pemilu Tim Kaine, Senator AS Lulusan Harvard yang Tak Pernah Kalah Pemilu Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/23/2016 05:37:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.