Usai Lelaki Kerdus, Kini Lagu 'Ye Tu Hantu' yang Disorot

Azaz dan Fikri dalam lagu Ye Tu Hantu
Azaz dan Fikri dalam lagu Ye Tu Hantu. (Youtube)
Lagu 'Lelaki Kerdus' yang dibawakan seorang remaja putri sempat membuat heboh. Lagu yang tayang di YouTube itu kemudian atas permintaan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) ke Google via ke Kominfo diblokir. Walau kemudian muncul lagi jiplakannya, bahkan sudah tembus lebih dari 1 juta orang yang menonton.

Lagu 'Lelaki Kerdus' yang menggambarkan kemarahan seorang anak ke ayahnya yang menikah lagi dan meninggalkan ibunya, mendapat sorotan publik. Umpatan seorang anak di lagu itu dianggap tak pantas.



Tapi ternyata bukan hanya satu lagu ini saja 'Lelaki Kerdus' yang ramai. Ada lagi lagu lainnya yang berjudul 'Ye Tu Hantu' yang dinyanyikan dua anak kecil. Kedua lagu diciptakan oleh orang yang sama, Ahmad Sawadi.

Berdasarkan video yang diunggah akun bernama Rampak Naong Rec di YouTube, lagu itu dinyanyikan dua bocah berbaju koko, Azaz dan Fikri. Ada kebingungan dalam membaca (melafalkan) judul lagu tersebut.

Menurut kalian ya Tuhanku atau Ye Tu Hantu? Lagu ini tentang anak kecil yang bapak dan ibunya meninggal lalu jadi hantu. Anaknya malas membaca Alquran dan malah lebih doyan baca koran. Akhirnya, saat meninggal menjadi setan.

"Ye tu hantu ye tu hantu Bapaknya meninggal, jadi hantu…" "Ye tu hantu ye tu hantu ibuknya meninggal jadi hantu…"

Menurut keterangan sang penggunggah, 13 Mei 2015, lagu "Yee Tu Hantu" mengajarkan kita untuk lebih dekat kepada-Nya agak tidak menyesal di alam lainnya (akhirat).

Pagi ini Jumat (8/7/2016) sudah lebih dari 105 ribu orang melihat lagu ini di YouTube. Beberapa komentar terlihat mengkritisi syair lagu ini. Atas dasar pesan apapun yang disampaikan, terlalu sarkas dan dianggap tak mendidik.

Ketua KPAI Asrorun Niam juga sudah menyampaikan kritik dan sarannya perihal lagu-lagu tersebut yang dibawakan anak-anak.

"Pencipta lagu, penyanyi, seniman, pegiat seni serta masyarakat memiliki tanggung jawab untuk pemenuhan hak anak, yang salah satunya adalah hak untuk memperoleh informasi dan tayangan yang mendidik," urai Niam.

Berikut ini videonya:

Usai Lelaki Kerdus, Kini Lagu 'Ye Tu Hantu' yang Disorot Usai Lelaki Kerdus, Kini Lagu 'Ye Tu Hantu' yang Disorot Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/07/2016 06:25:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.