2 Korban di Kelapa Gading Tewas karena Lepas Genggaman dari Tali Sling yang Panas

Momen pekerja melepaskan tali saat kebakaran Swiss-Belhotel
Momen pekerja melepaskan tali saat kebakaran Swiss-Belhotel. (Twitter Video @kristaWP)
Dua orang pekerja tewas dalam peristiwa kebakaran di proyek apartemen di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Keduanya tewas saat mencoba menyelamatkan diri.



Cara menyelamatkan diri yang mereka tempuh memang berbahaya, yakni berpegangan pada tali baja alias tali sling. Mereka bergelayutan turun dari ketinggian gedung. Namun pegangan tangan diduga melemah akibat tali baja memanas.

"Mereka mau coba turun pakai sling tapi karena tangan kepanasan terlepas dan jatuh dan meninggal dunia," ujar Kapolres Jakarta Utara Komisaris Besar Daniel Bolly Tifaona, Minggu (7/8/2016), seperti diberitakan Detikcom.

Kadis Damkar DKI Jakarta, Subejo, di lokasi kebakaran, mengatakan, mereka dievakuasi lewat kabel sling karena kondisi pintu darurat sudah dikepung api. Kondisi api yang besar dan tingginya lokasi para pekerja membuat proses evakuasi harus dilakukan pakai kabel sling.

"Selain 2 orang, 3 orang mengalami luka-luka. Sisanya shock berat dan sedang menjalani perawatan intensif," ucapnya.

Selang satu sampai 2 jam, 8 orang lainnya berhasil diselamatkan lewat tangga darurat setelah petugas pemadam berhasil menjebol dinding gedung.

"Pintu darurat kebakaran dalam kondisi dilas susah dibuka. Tapi akhirnya bisa dibuka. Yang di lantai atas ada delapan, pekerja semua kita berhasil evakuasi," ucapnya.

2 Korban tewas itu adalah:

1. Abdul Majid B Kamar, warga Kampung Margahayu RT 20/04 Kelurahan Gunungsari, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

2. Waryadi (62) warga Candi RT 04/01, Kelurahan Candi, Kecamatan Badar, Kabupaten Batang.

Baca juga: Video Detik-detik 4 Pekerja Terjatuh Selamatkan Diri dari Kebakaran Swiss-Belhotel

Selain korban tewas, tercatat ada 3 pekerja lainnya yang mengalami luka-luka dalam peristiwa tersebut. Para pekerja di proyek apartemen tersebut sempat terjebak di dalam gedung.

Kebakaran terjadi di proyek apartemen di Jalan Boulevard Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara siang tadi. Diduga, penyebab kebakaran berasal dari korsleting listrik di panel listrik gedung itu. Meski begitu, uji fornesik akan membuktikan kepastian penyebab kebakaran ini.
2 Korban di Kelapa Gading Tewas karena Lepas Genggaman dari Tali Sling yang Panas 2 Korban di Kelapa Gading Tewas karena Lepas Genggaman dari Tali Sling yang Panas Reviewed by Amborsius Ambarita on 8/07/2016 08:44:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.