Abu Musab al-Barnawi Jadi Pemimpin Baru Boko Haram

Abu Musab al-Barnawi tampil dalam video
Abu Musab al-Barnawi tampil dalam video. (BBC)
Video Boko Haram pada bulan Januari 2015 menyatakan Abu Musab al-Barnawi sebagai juru bicara kelompok itu. Kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS mengumumkan kelompok mereka di Afrika Barat, Boko Haram, memiliki pemimpin baru.

Abu Musab al-Barnawi, yang sebelumnya adalah juru bicara kelompok berhaluan Islam yang bermarkas di Nigeria, dimunculkan pada edisi terbaru majalah ISIS.



Tidak disebutkan nasib mantan pemimpin kelompok itu, Abubakar Shekau.

Dia terakhir kali diketahui keberadaannya lewat pesan suara pada bulan Agustus lalu, yang menyatakan dirinya masih hidup dan tidak digantikan. Video ISIS yang dikeluarkan pada bulan April juga menyatakan hal yang sama.

Boko Haram, yang kehilangan sebagian besar wilayah yang dikuasai 18 bulan lalu, berperang untuk menjatuhkan pemerintah Nigeria.

Pemberontakan selama tujuh tahun telah menewaskan 20.000 orang, sebagian besar di bagian timur laut negara itu.

Dalam sebuah wawancara dengan majalah Arab mingguan ISIS, al-Naba, Barnawi mengatakan kelompoknya "tetap merupakan kekuatan yang perlu diperhitungkan" dan mengatakan mereka merekrut anggota baru.
Abu Musab al-Barnawi Jadi Pemimpin Baru Boko Haram Abu Musab al-Barnawi Jadi Pemimpin Baru Boko Haram Reviewed by Amborsius Ambarita on 8/03/2016 06:16:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.