Ahok: Kok Bu Risma Baper dan Gampang Emosian?

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. (Foto: Detikcom)
Pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) soal Surabaya yang hanya setara Jakarta Selatan memicu emosi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma). Kini Ahok menjelaskan, dia bukannya membandingkan luas wilayah.



"Bukan. Emang gue (saya) enggak ngerti geografi?" kata Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (12/8/2016).

Ahok menjelaskan, yang dia maksud adalah perbandingan Surabaya dengan Jakarta dalam hal kesetaraan administratif. Surabaya adalah Kota, Jakarta Selatan juga Kota, dan DKI Jakarta adalah Provinsi.

"Aku bilang, saya bilang bukan 'luas'. Aku juga ngerti kok, Jakarta itu dua kali dari Surabaya, aku ngerti. Bandinginnya enggak bisa," kata Ahok.

Ahok justru merasa pernyataannya dipelintir wartawan. Istilah 'memelintir' jamak diartikan kalangan media sebagai satu cara mengubah pernyataan asli dari narasumber. Ahok menilai pewartaan yang berangkat dari perbandingan kondisi trotoar Surabaya-Jakarta itu juga menjadi provokatif. Menurut Ahok, gara-gara berita, emosi Risma meninggi dan baper dengan membawa warga Surabaya.

"Akhirnya jadi baper (bawa perasaan -red), emosi kan ngomongnya (Risma)," kata Ahok.

Ahok menyatakan tak bermaksud merendahkan Surabaya dan Risma.

"Jadi bukan saya mau mengecilkan Bu Risma, apalagi mau menyakiti orang Surabaya," kata Ahok.

Ahok merasa pernyataannya soal perbandingan Surabaya dengan Jakarta disalahartikan. Padahal, Ahok menghormati Risma dan belajar banyak dari Risma.

"Kamu lihat konsisten saya, saya selalu bilang saya belajar banyak dari Bu Risma," kata Ahok.

Ahok mengaku selalu meneladani apa yang Pemerintah Kota Surabaya sudah lakukan. Misalnya, sistem INA-CBGS di rumah sakit. Ahok menyuruh Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan belajar dari rumah sakit di Surabaya soal INA-CBGS.

"Jadi saya justru mengikuti apa yang Surabaya lakukan," kata Ahok.

Ada pula, Pemprov DKI juga belajar soal e-Budgeting dari Surabaya. Jakarta juga belajar soal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dari Surabaya.

Ahok menyatakan bingung mendengar kabar kemarahan Risma. Dia tak akan meminta maaf ke Risma karena tak merasa bersalah, juga dia tak mencoba menghubungi Risma. Ahok mempersilakan semua pihak termasuk pihak Pemkot Surabaya untuk melihat video yang memuat kata-katanya soal Surabaya.

"Aku enggak bersalah kok. Aku selalu muji ini. Makanya itu cuma masalah, coba kamu lihat ya, video aku juga langsung minta Sakti (seorang staff Ahok) di-upload. Aku minta potongannya," kata Ahok.

Ahok mengaku sering memuji Risma. Namun kini dia merasa telah diadu domba. "Aku juga bingung, gara-gara lu (wartawan), Ibu Risma jadi baper (bawa perasaan -red), marah, konferensi pers, seolah-olah aku diadu domba," ujar Ahok yang sesekali tersenyum saat dikonfirmasi perihal polemik ini.

Sebelumnya diberitakan, Ahok bersedia belajar dari Risma perihal penataan trotoar. Perbadingan-perbandingan seperti ini wajar saja dan justru bagus untuk mewarnai pertimbangan pemilihan di Pilgub DKI 2017.

"Misalnya Jakarta bagaimana ini, Jakarta beda banget sama Surabaya. Surabaya trotarnya sudah rapi, Jakarta kok belum? Nah itu yang sehat (pembandingan antarkandidat Pilgub). Kita akan jelaskan kepada masyarakat, Surabaya itu cuma Jakarta Selatan. Gitu loh," ujar Ahok di Balai Kota, Kamis (11/8) kemarin.

Dari Surabaya, Risma meluapkan kekecewaannya terhadap pernyataan Ahok. "Luas kami separuh Jakarta, Pak Ahok dibantu 5 walikota. Aku sendiri di Surabaya. Fakta ini harus kusampaikan. Itu orang sombong. Warga Surabaya bisa marah dihina begitu. Aku kalau ngomong ya berbasis data," kata Risma, Kamis (11/8).

Wilayah Jakarta Selatan, berdasarkan data di situs Pemprov DKI, punya luas 141,3 kilometer persegi. Kota Surabaya berdasarkan data di Kementerian Dalam Negeri memiliki luas 350,54 kilometer persegi. Artinya, memang Kota Surabaya lebih luas dibanding Kota Administrasi Jakarta Selatan.
Ahok: Kok Bu Risma Baper dan Gampang Emosian? Ahok: Kok Bu Risma Baper dan Gampang Emosian? Reviewed by Amborsius Ambarita on 8/11/2016 10:38:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.