Bantah Kecolongan, Menteri Yasonna: Arcandra Masuk Indonesia Pakai Paspor RI

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly
Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly. (Foto: Liputan6.com)
Salah satu pembantu Presiden Jokowi menolak melakukan kesalahan soal kasus kewarganegaraan Arcandra Tahar yang baru saja dicopot dari Menteri ESDM. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly membantah pihaknya kecolongan tak mengetahui kewarganegaraan mantan menteri ESDM Arcandra Tahar. Yasonna mengatakan Arcandra datang ke tanah air dengan paspor Indonesia, bukan Amerika.



"No no no, pakai paspor Indonesia. Bukan (kecolongan), ya itu kenyataannya begitu, masuk ke Indonesia dengan paspor Indonesia," ucap Yasonna usai menghadiri sidang paripurna di gedung DPR, Jakarta, Selasa (16/8/2016), seperti diberitakan Detikcom.

Yasonna tak membantah bahwa Arcandra sudah beralih kewarganegaraan menjadi warga Amerika Serikat, namun soal statusnya masih diperdebatkan.

"Ya itu kewarganegaraan AS-nya, prosedur warga negara AS-nya seperti apa. Ini kan macam-macam, ada yang menganggap stateless (tidak memiliki kewarganegaraan), ada yang menilai lain," ujarnya.

Saat ini, Kemenkum HAM terutama Ditjen Imigrasi akan mengklarifikasi soal kewarganegaraan itu kepada Arcandra, meski yang bersangkutan sudah tak lagi menjadi menteri. Perlu penegasan soal kewarganegaraan Arcandra.

"Kalau itu kan paspornya saya sudah bilang ada (paspor Amerika). Itu bagaimana penyelesaian kewarganegaraannya sedang kita bahas," ucap Yasonna.
Bantah Kecolongan, Menteri Yasonna: Arcandra Masuk Indonesia Pakai Paspor RI Bantah Kecolongan, Menteri Yasonna: Arcandra Masuk Indonesia Pakai Paspor RI Reviewed by Amborsius Ambarita on 8/16/2016 06:12:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.