Banyak yang Copy Paste, Ribuan Dosen Tak Lulus Sertifikasi

Sidang kelulusan sertifikasi dosen 2016
Sidang kelulusan sertifikasi dosen 2016. (Foto: Detikcom)
Banyak dosen-dosen di Indonesia yang mengambil jalan pintas agar lolos sertifikasi, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas mereka. Seperti melakukan copy paste dari yang sudah lulus. Padahal copy paste jelas dilarang, dan di astikan tidak lulus jika diketahui melakukan copy paste.



Direktur Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Ali Gufron Mukti mengatakan tahun ini terdapat 1.580 dosen yang tidak lulus sertifiksi dosen dari 4.512 yang mengikuti sertifikasi dosen gelombang pertama.

Sementara yang lulus sertifikasi dosen pada gelombang pertama ini sebanyak 2.931 dosen. Banyaknya dosen yang tidak lulus sertifikasi sangat disayangkan karena sudah menggunakan biaya yang cukup besar.

"Yang tidak lulus banyak sekali menurut saya. Kenapa bisa begitu. Saya lihat dosen-dosen kita ini kurang piknik. Sehingga tidak melihat gimana pengalaman yang sudah lulus Serdos (sertifikasi dosen). Tapi lihatnya malah terbalik, yang dulu bisa lulus terus di copy, jadi hanya copy paste. Itu harus dihindari, diingatkan secara keras, dijamin tidak lulus serdos kalau copy paste,"kata Ali Gufron pada 'Sidang Kelulusan Sertifikasi Pendidik Untuk Dosen (SERDOS) Tahun 2016 Tahap I, di hotel Grand Quality Yogyakarta, Sabtu (13/8/2016).

Ketidaklulusan pada sertifikasi dosen ini diantaranya karena nilai deskripsi diri, kemudian pada nilai gabungan seperti Bahasa Inggris dan nilai kompetensi. Usia peserta sertifikasi dosen masih ada yang di atas 60 tahun. Usia lainnya pada usia 31, 32, dan 33 tahun.

Menurutnya, sesuai UU sertifikasi dosen harusnya sudah selesai di tahun 2015 akhir. Sehingga tahun 2016 ini seharusnya sudah selesai.

"Tapi sekali lagi kita masih banyak PR nya, dosen-dosen kita banyak yang masih belum serdos," kata Ali Gufron.
Banyak yang Copy Paste, Ribuan Dosen Tak Lulus Sertifikasi Banyak yang Copy Paste, Ribuan Dosen Tak Lulus Sertifikasi Reviewed by Amborsius Ambarita on 8/13/2016 05:23:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.