Cerita Awal Sefri Haris Buat Kopi Merek Jessica Coffemix di Surabaya

Kopi dengan merek dan foto Jessica
Kopi dengan merek dan foto Jessica. (Detikcom)
Persidangan kasus kopi maut yang menewaskan Wayan Mirna dengan terdakwa Jessica masih berlangsung di pengadilan dan menyita perhatian publik. Tapi rupanya kehebohan kasus ini dimanfaatkan Sefri Haris untuk memproduksi kopi bubuk seduh merk Jessica. Tak sekedar merek, dia juga memasang foto Jessica. Bagaimana ceritanya?



"Awalnya saya ingin menjual di sekitar rumah saya, di Surabaya," kata Sefri Haris 'produsen' Kopi Jessica di rumahnya di Jalan Kedinding Lor, Surabaya, Selasa (23/8/2016), seperti diberitakan Detikcom.

Kopi produksi Haris ini beroperasi sejak awal Juli 2016 lalu. Ia membeli bahan baku biji kopi dan kadang kopi dalam bentuk bubuk, dari Kabupaten Jember.

Kopi tersebut diracik sendiri dengan gula. Kemudian di-packing menjadi Kopi Jessica. Pembungkus kopi Jessica itu dipesan dari temannya di Kediri. Sedangkan stiker bergambar foto Jessica dengan tulisan 'Jessica coffeemix, asli tanpa sianida. Jangan lupa ajak teman2 ya'. Diproduksi oleh CV RM.

"Saya kulakan kopi sendiri. Saya racik sendiri. Saya packing sendiri. Saya jual-jual sendiri," tuturnya.

Haris yang juga penjual es krim di rumahnya ini mengatakan, Kopi Jessica ditawarkan ke berbagai toko, warung kopi di sekitar Surabaya utara maupun di Bangkalan Madura.

Namun, apa yang diharapkan tak sesuai ekspektasi. Seringkali kopi Jessica ukuran 150 gram yang dijual eceran Rp 15 ribu per pack dijajakan tidak ada yang membelinya. Beragam cara marketing dan penjualan dia lakukan. Namun, semuanya tak sesuai apa yang diharapkan.

Namun sejak pertengahan bulan ini, Kopi Jessica, mulai merambah ke Jakarta, Solo, Bandung, Yogyakarta hingga Kalimantan yang dipasarkan lewat media sosial. Pemesanan Kopi Jessica melalui online mulai ramai. Rata-rata pemesanan per hari mencapai 2-3 lusin pack.

Kini produksi Kopi Jessica terus berjalan. Namun, semuanya dikerjakan sendiri Haris tanpa memiliki pekerja atau pegawai.

Haris siap menghentikan usahanya, apabila pihak Jessica komplain atau merasa keberatan pencatutan 'Jessica'.

"Terus terang saya nggak ada niatan untuk menjelek-jelekkan nama Jessica. Sebenarnya kopi ini hanya untuk penikmat di sekitar sini. Malah saya sempat berpikir akan menghentikan produksi, karena tidak laku," kata Haris.

Ia mengatakan, dirinya tidak ada niatan jelek. Katanya, jika Jessica berada di Surabaya, sebelum membuka usaha kopi akan terlebih dahulu meminta izin yang punya nama dan foto.

Karena Jessica berada di Jakarta, Haris mengaku tidak tahu caranya untuk menemui atau menghubungi pihak Jessica.

"Saya belum tahu kemana orangnya. Andaikan tahu ada dimana dan mudah dihubungi, saya pasti datang minta izin," tuturnya.

"Saya nggak masalah kalau misalkan mbak Jessica atau pengacaranya minta dicabut atau dihentikan, saya pasti hentikan," ujarnya.

"Sebelumnya saya menyampaikan permohonan maaf. Tujuan awal saya bukan untuk komersial besar, hanya kalangan penikmat kopi di sekitar sini," terangnya.

Dirinya juga tidak ingin berpolemik hukum dengan pihak Jessica. "Saya berharap mana yang terbaik. Selama nggak ada yang dirugikan ya nggak masalah. Kalau merasa dirugikan, saya hentikan (produksinya)," jelasnya.

Produksi Kopi Jessica milik Haris ini juga tidak memiliki izin. Dia berjanji, jika usahanya lancar dan ada dana untuk mengurus perizinan, Haris akan mengurusnya sesuai peraturan yang berlaku.

"Terus terang izin memang belum ada, karena ini percobaan saja, bahkan sempat hendak saya hentikan," ujarnya.

Dirinya juga tidak menyangka, jika Kopi Jessica mendapatkan respons dari masyarakat media sosial.

"Saya mau urus izin kalau sudah berjalan dan ada dananya. Karena selama ini masih kendala dana," jelasnya.

Pengacara Jessica Keberatan

Tim pengacara merasa keberatan dengan beredarnya kopi merek dengan foto Jessica Kumala Wongso yang dibuat oleh Haris, pedagang asal Surabaya. Tim pengacara pun akan menyiapkan langkah hukum terkait hal itu.

"Kita pasti kita ambil langkah hukum," tegas Hidayat Boestam, salah satu tim pengacara Jessica, Selasa (23/8/2016).

Hidayat mengatakan, pihaknya telah mengetahui hal itu sejak Selasa (22/8) kemarin. Pihaknya pun menyatakan keberatan lantaran nama dan foto kliennya dijadikan produk komersil.

"Pasti keberatan sekali," ucapnya.

Ia menambahkan, pihaknya belum akan mengambil langkah hukum kepada Haris dalam waktu dekat ini. Tapi ia memastikan akan segera melakukannya.

"Tim lagi fokus pembelaan Jessica di PN Jakpus," pungkasnya.
Cerita Awal Sefri Haris Buat Kopi Merek Jessica Coffemix di Surabaya Cerita Awal Sefri Haris Buat Kopi Merek Jessica Coffemix di Surabaya Reviewed by Amborsius Ambarita on 8/23/2016 07:08:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.