Hasto Kristiyanto: PDIP Prioritaskan Usung Ahok-Djarot di Pilgub DKI

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto: Liputan6.com)
Calon petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengaku sudah mendapatkan restu dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk kembali maju Pilgub DKI berpasangan dengan wakilnya, Djarot Saiful Hidayat. Hingga kini pimpinan DPP PDIP tak membantah pengakuan Ahok tersebut.



Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto yang ditemui wartawan di dua tempat berbeda yakni kompleks MPR dan kantor DPP PDIP tak membantah klaim Ahok tersebut. Bahkan, kata Hasto, PDIP memprioritaskan Ahok sebagai bakal cagub DKI.

Ahok diprioritaskan meski sebenarnya dia tak mendaftarkan dalam proses penjaringan yang digelar DPD PDIP DKI. Alasannya pada 2012 lalu, PDIP pernah mendukung Ahok di Pilgub DKI. Ditambah selama ini pasangan Ahok dan Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat yang juga kader PDIP sudah sangat kompak.

"DPP Partai memiliki mekanisme kelembagaan bahwa gubernur dan wakilnya yang sedang menjabat yang sebelumya mendapat dukungan dari PDIP tentu saja mendapat prioritas untuk dicalonkan. Hal tersebut yang kami jelaskan ke Pak Ahok," kata Hasto kepada wartawan di kantor DPP PDIP, jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/8/2016).

"Dengan demikian sebagai gubernur dan wakil gubernur, Pak Ahok dan Pak Djarot mendapatkan dukungan PDIP berdasarkan peraturan partai memang secara otomatis, partai melakukan evaluasi dan pemetaan politik," tegas Hasto.

Lebih lanjut Hasto mengatakan, dari hasil survei internal didapat kecenderungan bahwa petahana memiliki keunggulan-keunggulan staregis. Sehingga wajar jika Ahok sebagai petahana mendapatkan elektabilitas yang tinggi dibanding kandidat penantang.

"PDIP memang mengadakan survei dan di dalam kecenderungan survei memang incumbent memiliki keunggulan-keunggulan strategis, sehingga wajar kalau incumbent itu mendapatkan elektabilitas yang tinggi dibandingkn (calon) yang lain. Lebih-lebih ini belum ada calon penantang yang secara resmi dideklarasikan oleh partai yang memiliki dukungan kursi yang cukup untuk dapat mencalonkan," papar Hasto.

Namun Hasto menegaskan bahwa hingga saat ini, DPP PDIP belum mengambil keputusan tentang nama bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. "(Penetapan) masih menunggu proses lebih lanjut dan DPP PDIP terus mencermati keseluruhan dinamika politik yang terjadi di DKI," kata dia.
Hasto Kristiyanto: PDIP Prioritaskan Usung Ahok-Djarot di Pilgub DKI Hasto Kristiyanto: PDIP Prioritaskan Usung Ahok-Djarot di Pilgub DKI Reviewed by Amborsius Ambarita on 8/18/2016 07:16:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.