Ini Cara Densus 88 Ungkap Rencana Teroris Serang Marina Bay dari Batam

Kadiv Humas Polri Boy Rafli Amar
Kadiv Humas Polri Boy Rafli Amar. (Foto: Detikcom)
Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri menangkap 6 terduga teroris yang berencana melakukan serangan di Batam dan Marina Bay, Singapura. Rencana aksi kelompok Katibah Rahmat Dewa (GRD) digagalkan setelah akun mereka di jejaring internet diungkap polisi.

"Rencana tersebut terungkap dari informasi elektronik dalam akun kelompok mereka," kata Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar kepada detikcom, Jumat (5/8/2016).



Meski begitu, Boy belum dapat menjelaskan lebih rinci akun apa tepatnya yang digunakan kelompok pimpinan Gigih Rahmat Dewa itu. Sebab, kepolisian masih mendalami dan mengembangkan penyelidikan.

Namun, lanjut Boy, aksi serangan atas perintah Bahrun Naim yang berada di Suriah itu direncanakan dengan meluncurkan roket dari Batam ke Singapura.

6 orang itu ditangkap di sejumlah lokasi di Batam, Kepri, Jumat pagi tadi. Selain dengan GRD, jaringan mereka juga berkaitan dengan pelaku bom bunuh diri bernama Nur Rohman di Mapolresta Surakarta, Selasa (5/7/2016).

Sementara itu, otoritas Singapura menyerukan warganya meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman teror. Hal ini setelah enam terduga teroris yang ditangkap di Batam, terungkap berencana menyerang Marina Bay di Singapura dengan roket.

"Ini menunjukkan bagaimana musuh-musuh kita memikirkan cara berbeda untuk menyerang kita," ucap Menteri Dalam Negeri Singapura, K Shanmugam, dalam akun Facebook-nya, mengomentari rencana serangan itu, seperti dilansir Reuters, Sabtu (6/8/2016).

"Para teroris ... akan mencari cara untuk melewati pos keamanan kita, mereka juga akan berusaha melancarkan serangan dari luar. Ditambah lagi serangan lone wolf dari kelompok maupun individu yang diradikalisasi. Kita harus lebih waspada," imbuh Shanmugam.

Dalam pernyataan sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri Singapura menyatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan otoritas Indonesia, sejak penggagalan rencana serangan ini.
Ini Cara Densus 88 Ungkap Rencana Teroris Serang Marina Bay dari Batam Ini Cara Densus 88 Ungkap Rencana Teroris Serang Marina Bay dari Batam Reviewed by Amborsius Ambarita on 8/06/2016 03:09:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.