Kabar Malam Ini Akan Ada Fenomena Bulan Kembar Ternyata Hoax

Ilustrasi bulan kembar
Ilustrasi bulan kembar. (about.com)
Belakangan ini beredar sebuah pesan viral di dunia maya menyebutkan kalau pukul 00.30 WIB, Selasa (30/8/2016) dinihari nanti akan terjadi fenomena alam langka berupa bulan kembar. Fenomena ini terjadi akibat cerahnya permukaan planet Mars sehingga menyerupai bulan. Fenomena ini juga dapat dilihat dengan mata telanjang atau tanpa bantuan teropong dan sayang dilewatkan karena akan terjadi lagi pada tahun 2287.

Berikut isi pesan broadcast tersebut.

29 Agustus 2016 (nanti malam)* akan ada *dua rembulan.* Seluruh dunia sedang menunggu kejadian ini..
Pada malam itu, *Planet MARS akan sangat cerah seperti rembulan*
dan semua orang bisa melihatnya dengan mata telanjang.
Mars akan berjarak  34,65 M Mil jauhnya dari bumi.*
Untuk itu jangan lupa melihat fenomena alam ini

Pada 28/8-2016 (Senin) jam 12.30 malam atau 00:30.*
(Nanti malam)

Karena Anda akan melihat dua bulan di langit.

Peristiwa ini hanya akan terjadi lagi pada tahun 2287

Silahkan berbagi ini dengan semua. Karena orang2 yang hidup sekarang tidak akan pernah mempunyai kesempatan lagi utk  melihat kejadian ini"

Untuk Anda semua, tidak perlu percaya isu tersebut karena merupakan hoax atau bohong belaka. Tidur saja malam ini agar tidak terlambat kuliah atau bekerja esok hari.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memastikan pesan tersebut merupakan kabar informasi hoax. Pesan tersebut telah beredar sejak tahun 2003 lalu, dan terus diulangi kembali di tanggal yang hampir bersamaan.



"Itu berita bohong. Berita itu sudah tersebar sejak 2003 lalu. Selalu setiap tahun tanggal 27," ujar Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin, Senin (29/8), seperti diberitakan merdeka.com.

Fenomena tersebut memang pernah terjadi saat pesan berantai itu pertama kali tersebar di media sosial. Ketika itu, mars berada dekat dengan bumi dan ukurannya lebih besar dibandingkan biasanya, namun tidak sampai menyamai bulan.

"Saat itu Mars memang mengalami purnama, tapi terus ada yang memanfaatkan, purnama Mars dan bulan dianggap sama. Padahal ukuran Mars seperti titik cahaya, jauh lebih kecil dengan purnama bulan. Dan untuk skrg tidak ada purnamanya. Sudah jelang akhir bulan, sudah masuk bulan tua," jelas Thomas.

Fenomena tersebut tidak akan terjadi lagi dalam waktu dekat, dan tidak beredar setiap tahun seperti pesan berantai tersebut. Ada beberapa syarat di mana agar kejadian serupa bisa terulang kembali.

"Jadi jarang terjadi dan saya lupa kapan lagi akan berulang. Tapi yang jelas tidak setiap tahun seperti saat ini," lanjutnya.

Tanpa menanti ratusan tahun, fenomena kemunculan mars sendiri bisa terjadi setiap hari selama posisi Mars searah dengan matahari. Kemunculan ini hanya terlihat pada malam hari, layaknya bintang-bintang di langit.

"Seperti bintang merah. Kalau malam ya bisa dilihat, sekarang ini bisa lihat. Terutama malam hari, antara bulan Agustus-September ini bisa dilihat," pungkasnya.

Menguatkan pendapat bahwa kabar itu hoax. Dalam komentarnya di Facebook, Senin (29/8/2016) hari ini, astronom amatir Ma'rufin Sudibyo mengatakan bahwa pada malam ini, Mars akan terbenam di kaki langit barat sekitar pukul 00:00 WIB. Sementara Bulan baru akan terbit di kaki langit timur pada sekitar pukul 04:00 WIB dinihari.


Jadi, bila bangun dan melihat langit pada pukul 00.30 WIB malam ini, jangankan melihat bulan kembar, Anda bahkan tak akan melihat satu bulan pun. Baik Mars maupun Bulan takkan terlihat.

Sekali lagi, lebih baik tidur saja dan menantikan fenomena langit menarik lainnya pada waktu lain. Masih banyak kok...

Satu hal lagi, bila mendengar isu bulan kembar pada lain waktu, selalu ingatlah, "Malam ini dan selamanya, Mars tak akan pernah tampak sebesar bulan purnama."
Kabar Malam Ini Akan Ada Fenomena Bulan Kembar Ternyata Hoax Kabar Malam Ini Akan Ada Fenomena Bulan Kembar Ternyata Hoax Reviewed by Amborsius Ambarita on 8/29/2016 08:10:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.