KBRI: Ada Kemiripan Nama Suryo Prabowo dengan Daftar Hitam Singapura

Suasana Bandara Internasional Changi Singapura
Suasana Bandara Internasional Changi Singapura. (Istimewa)
Mantan Kasum TNI Letjen (Purn) Suryo Prabowo sempat disebut masuk daftar hitam dan diinterogasi di Bandara Changi, Singapura. Dubes RI untuk Singapura Ngurah Swajaya mengonfirmasi bahwa S Prabowo bukan termasuk daftar hitam yang dimaksud.



"Itu common names saja, jadi ada kemiripan nama yang bersangkutan dengan yang ada di daftar hitam pihak Singapura. Jadi hanya pemeriksaan imigrasi biasa, ditanya, ini masalahnya ada nama-nama yang sama jadi dikroscek ke beliau," ujar Ngurah saat dikonfirmasi, Jumat (19/8/2016).

Menurut Ngurah hal-hal yang ditanyakan pihak imigrasi Singapura kepada S Prabowo seputar data diri seperti; nomor telepon, alamat email, dan lain sebagainya. Setelah itu S Prabowo dipersilakan untuk pergi.

"Beliau juga ditanya apakah beliau militer," imbuh Ngurah.

Ngurah menyebut proses pemeriksaan itu tidak sampai satu jam. Ngurah langsung berkoordinasi dengan pihak Imigrasi Singapura setelah kejadian.

"Kita koordinasi ternyata enggak ada masalah," sebut Ngurah.

Mengenai siapa sosok yang masuk daftar hitam Singapura sebenarnya, Ngurah tak diberi tahu oleh otoritas setempat.

Sebelumnya diberitakan etikcom, Jumat (19/8/2016) Prabowo menuturkan pengalaman tak enaknya itu. Pada Rabu (17/8) dia dihampiri petugas Singapura dan menanyakan tujuan kepergiannya. Prabowo kemudian dibawa ke lounge dan ditanya-tanya mengenai banyak hal.

"Ini prosedur, nama bapak masuk black list," jelas Prabowo menirukan ucapan petugas Singapura itu.

Beberapa pertanyaan menyusul, mulai dari rute perjalanan hingga perjalanan terakhir ke Singapura. Prabowo juga ditanya jabatan terakhir serta aktivitasnya.

Dengan bahasa Indonesia, Prabowo meminta petugas itu mencari data dirinya di google. Kemudian soal aktivitasnya dia juga meminta agar melihat di facebook serta media sosial.

"Mereka kemudian berdiskusi lama," ujar mantan Kasum TNI itu.

Prabowo Juga ditanya mengenai teman atau kenalannya di Singapura. "Saya minta mereka tanya pimpinan tentara Singapura," ujarnya.

Hampir satu jam proses interogasi berlangsung, hingga akhirnya dia diperbolehkan pergi. Saat itu, Prabowo transit dalam perjalanan dari Fiji ke Jakarta.

"Saya bertanya ke mereka apakah saya ini teroris? Apakah saya pelaku kriminal? Saya nggak pernah ke Singapura, dahulu saat bertugas juga memakai paspor dinas," urai dia. Prabowo tak tahu mengapa dirinya bisa masuk daftar hitam.

Prabowo merasa ada diskriminasi kepada dirinya. Padahal dia tak melakukan apapun. "Kemudian ada Athan menelepon saya, saya nggak tahu dia dapat informasi dari mana," tutup Prabowo yang kini sudah berada di Indonesia dan menuliskan apa yang terjadi pada dirinya di facebook.
KBRI: Ada Kemiripan Nama Suryo Prabowo dengan Daftar Hitam Singapura KBRI: Ada Kemiripan Nama Suryo Prabowo dengan Daftar Hitam Singapura Reviewed by Amborsius Ambarita on 8/19/2016 04:22:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.