Luhut Bantah Berikan Info ke Jokowi Soal Arcandra Sebelum Dipilih Jadi Menteri

Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan
Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan
Selama ini beredar kabar yang menyebutkan ditunjuknya Arcandra Tahar sebagai Menteri ESDM adalah atas usul Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Dalam blog pribadinya, ekonom Faisal Basri menduga Arcandra dikenal Jokowi melalui Darmawan Prasodjo, yang bekerja di istana sebagai salah satu deputi Kepala Staf Presidenan (KSP) yang dipilih Luhut saat menjabat posisi tersebut.



Darmawan yang merupakan caleg DPR RI PDIP 2014 ini sangat dekat dengan Presiden Jokowi. Dialah yang mementori Jokowi selama masa kampanye untuk urusan migas.

Sebagai deputi KSP, Darmawan antara lain berperan sebagai pemberi second opinion kepada Presiden untuk urusan ESDM. Pandanganya beberapa kali berseberangan dengan Menteri ESDM, misalnya dalam kasus Freeport, Blok Mahakam, dan Masela. Sebaliknya, pandangannya sejalan Luhut Panjaitan.

Ketika ditanya wartawan, Luhut sendiri membantah sebagai pihak yang memberikan informasi soal Arcandra ke Jokowi. Dia mengaku tak tahu siapa yang menginformasikan soal Arcandra ke Presiden Jokowi.

"Enggak tahu saya. Pokoknya bukan saya yang berikan (informasi)," kata Luhut saat ditemui usai sidang tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2016), seperti diberitakan Detikcom.

Rencananya, Luhut yang ditunjuk sebagai Plt Menteri ESDM akan menemui Arcandra. Namun Luhut tak menjelaskan apa yang akan dibahasanya bersama Arcandra.

"Nanti ini mau ketemu, sore," katanya.

"Masa saya kasih tahu ketemu di mana. Tadi enggak sempat (bertemu) karena waktunya tadi terlalu singkat," jawab Luhut saat ditanya detil pertemuan tersebut.

Arcandra diberhentikan Presiden Jokowi dalam keputusan yang diambil Senin (15/8). Pengumuman pemberhentian dengan hormat yang berlaku pagi tadi ini disampaikan Mensesneg Pratikno di Kantor Presiden.

Pihak Istana menyebut Presiden Jokowi mengambil keputusan memberhentikan Arcandra setelah menerima masukan dan data-data terkait status kewarganegaraan Arcandra.
Luhut Bantah Berikan Info ke Jokowi Soal Arcandra Sebelum Dipilih Jadi Menteri Luhut Bantah Berikan Info ke Jokowi Soal Arcandra Sebelum Dipilih Jadi Menteri Reviewed by Amborsius Ambarita on 8/16/2016 05:50:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.