Menteri ESDM Arcandra Tahar Kini Diisukan Berstatus WN AS

Menteri ESDM Arcandra Tahar diisukan berkewarganegaraan ganda
Menteri ESDM Arcandra Tahar diisukan berkewarganegaraan ganda. (Foto: Detikcom)
Menteri ESDM Arcandra Tahar diisukan memiliki dua kewarganegaraan yaitu paspor Indonesia dan Amerika Serikat. Arcandra selama ini tinggal di AS dan menjadi eksekutif di perusahaan minyak.



Pesan ini menyebar sejak Sabtu (13/8/2016) pagi. Lewat grup whatsapp, dibeberkan informasi Arcandra menjadi warga AS pada Maret 2012 melalui proses naturalisasi. Arcandra juga sudah mengambil sumpah setiap pada Amerika Serikat. Paspor ini beberapa kali juga sudah digunakan untuk melakukan perjalanan ke Indonesia.

Dalam pesan berantai itu juga disebutkan pada Februari 2012, Arcandra mengurus paspor RI melalui KJRI Houston dengan masa berlaku lima tahun. Artinya Arcandra memiliki dua kewarganegaraan. Posisi dia dengan dwi kewarganegaraan dan memegang posisi penting Menteri ESDM menjadi pertanyaan.

Tak diketahui siapa yang menyebar pesan ini dan sejauh mana kebenarannya. Pesan berantai yang menjadi pembahasan luas itu isinya juga mempertanyakan integritas Arcandra yang berpaspor AS, kemudian dikaitkan dengan banyaknya perusahaan AS yang berkecimpung di bidang tambang serta beroperasi di Indonesia.

Isu Arcandra ini juga menyambar kabinet Presiden Jokowi terkait proses pemilihan menteri di kabinet.

Di tengah isu ini, Menteri Arcandra diam-diam menghadap Presiden Jokowi. Detikcom melihat saat Arcandra keluar dari Istana dengan memakai batik cokelat. Dia seorang diri dan kemudian naik mobil golf disopiri seorang staf Istana.

"Habis silaturahmi," kata Arcandra, Sabtu (12/8/2016) siang, seperti dilaporkan Detikcom.

Arcandra mengaku bertemu Presiden Jokowi, tapi dia tak merinci apa yang dibahas. Dia hanya tersenyum dan sekali lagi menjawab melakukan silaturahmi. Amat jarang sekali Jokowi menerima menteri di Istana Negara pada Sabtu. Tapi kebetulan di Istana memang tengah ada acara gladi kotor upacara kemerdekaan.

Saat ditanyakan soal paspor AS itu, alumni Teknik Mesin ITB ini hanya tersenyum.

"Lihat muka saya nih," sambil menunjuk wajahnya dengan telunjuk dan membentuk lingkaran.

"Padang begini," tambahnya dengan senyum.

Arcandra tak menjawab tegas soal paspor AS, apakah dia pegang atau tidak. Arcandra kemudian pergi dengan senyum.
Menteri ESDM Arcandra Tahar Kini Diisukan Berstatus WN AS Menteri ESDM Arcandra Tahar Kini Diisukan Berstatus WN AS Reviewed by Amborsius Ambarita on 8/13/2016 12:01:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.