Pesawat Latih Cessna Jatuh di Persawahan Cirebon

Penampakan pesawat Cessna 172 jatuh di persawahan Banjarwangunan, Cirebon
Penampakan pesawat Cessna 172 jatuh di persawahan Banjarwangunan, Cirebon. (Okezone)
Pesawat latih jenis Cessna dengan nomor PK-WTK milik Angkasa Aviation Academy dikabarkan terjatuh dengan posisi terbalik di lahan persawahan di Desa Banjarwangunan, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Selasa (30/8/2016).

Dilansir Okezone, jatuhnya pesawat ini menjadi tontonan warga sekitar yang datang ke tengah sawah yang berjarak sekira 1 kilometer dari jalan raya itu.

"Enggak tau, tiba-tiba pesawatnya oleng, terbang pendek banget, terus jatuh. Untung enggak di jalan jatuhnya, kalau di jalan pasti meledak," ujar Abdullah, petani yang jadi saksi mata di lokasi kejadian.



Informasi yang dihimpun Tribun Jabar, pilot diketahui bernama Dana Aviantara (24). Sedangkan siswanya diketahui bernama Novriandi (25).

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Yusri Yunus, mengatakan polisi masih menyelidiki penyebab kecelakaan. Muncul dugaan pesawat jatuh karena mati mesin. Pesawat mencoba mendarat di area persawahan.

Sementara, Kapolresta Cirebon AKBP Indra Jafar mengatakan, kondisi pesawat hingga kini masih dalam kondisi terbalik di tengah sawah.

"Karena kondisinya mendarat darurat jadi pesawat itu terbalik posisinya di sini," ucap Indra saat dihubungi detikcom.

Indra menjelaskan kronologi saat pesawat latih yang jatuh tersebut. Menurutnya, pesawat bertolak dari Bandara Cirebon. Pesawat terbang pada pukul 09.02 WIB dengan ketinggian seribu kaki. Saat sedang terbang berputar di atas, dua kru yakni Dana Aviantara (24) sebagai Pilot sekaligus instruktur dan siswanya atas nama Novriandi (25) terkejut pesawat yang mereka kemudikan mengalami kerusakan pada mesin.

"Posisinya mesin mati di ketinggian seribu kaki. Sehingga pilot membuat keputusan untuk mencari lokasi pendaratan darurat," lanjut Indra.

Keputusan pilot tersebut memaksa pesawat harus mendarat darurat di tengah sawah. Akhirnya pada pukul 09.10 WIB pesawat tersebut jatuh di tengah sawah.

"Karena lokasi paling aman ya di sini di sawah, karena mereka berputar- putar untuk mencari lokasi pendaratan darurat," terangnya.

Saat ini menurut Indra, pilot dan siswa dinyatakan selamat dan hanya mengalami luka ringan. Mereka sempat dibawa ke puskesmas yang tak jauh dari lokasi kejadian.

"Keduanya hanya shock saja kaget begitu di awal. Sekarang berada di puskesmas, untuk di diagnosa awal tapi mereka sudah tidak apa-apa," kata Indra.

Dikatakan Indra pesawat hanya dipakai untuk latihan dan berputar-putar di wilayah Cirebon saja. Kedua penumpang berasal dari Sekolah Penerbang Punggung Bandara Cirebon.

"Saya sedang berada di lokasi ini, tadi sudah dipasang garis polisi dan saat ini kita sedang melakukan proses investigasi lebih lanjut. Kedua penumpang kini berada di SMK Maritim untuk beristirahat," tandasnya.

Sebelumnya, pada Kamis (18/8), pesawat latih mendarat darurat di persawahan Tasikmalaya. 3 Kru selamat, hanya luka dan shock.
Pesawat Latih Cessna Jatuh di Persawahan Cirebon Pesawat Latih Cessna Jatuh di Persawahan Cirebon Reviewed by Amborsius Ambarita on 8/30/2016 12:55:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.