Pura-pura Buntung, Pria Bandung Ini Bisa Kantongi Rp 200 Ribu Sehari

Alexander (48), pria pura-pura buntung di Kota Bandung
Alexander (48), pria pura-pura buntung di Kota Bandung. (Foto: Detikcom)
Pengemis yang pura-pura buntung di Kota Bandung, Alexander (48), sudah diamankan Dinsos Kota Bandung. Alex mengaku bisa mengantongi Rp 200 ribu per hari dari usahanya tersebut. Untuk apa uangnya?



"Sehari kadang bisa dapat Rp 30 ribu dalam lima jam, kadang-kadang sembilan jam. Nggak Rp 100 ribu, tapi kalau sekarang itu bisa dapet Rp 200 ribu sehari," ucap Alex di rumah singgah Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung, Jalan Sukamulya, Sukajadi, Bandung, Minggu (7/8/2016), seperti diberitakan Detikcom.

Alex menyebut sudah hampir dua tahun mengemis di Kota Bandung sebelum akhirnya ditangkap oleh dua petugas Dinsos Bandung di depan Toko An Nur, Jalan Otista, pada Jumat (5/8) pukul 10.00 WIB.

Ia mengaku terpaksa mengemis karena urusan ekonomi. Alex kadang mengemis di wilayah Tegalega, Braga, Jalan Otista hingga alun-alun Kota Bandung. Saat ditanya berasal dari mana, Alex mulai menjawab sedikit ngelantur.

Dia kadang menjawab berasal dari Sumatera, kadang jawab dari Kalimantan, atau Cianjur. Alex mengaku bisa sampai ke Kota Bandung, karena ia mengaku diajak temannya dari Cianjur.
Pengemis di Bandung ya pura-pura buntung
Pengemis di Bandung ya pura-pura buntung. (Foto: Instagram)
"Bisa iya bisa, nyeberang laut dulu dari utara pakai kapal ke Cianjur. Diajak teman ke sini saya kan tinggal sendirian, di sini di Bandung. Kan ditanya dulu kalau mau ke Bandung ke mana, terus lurus. Kan gini ada jembatan turun ada tukang ojek nah di sini," ujarnya memberi jawaban dengan kalimat berlompatan.

Hasil dari mengemisnya itu ia gunakan untuk kepentingan pribadi. Alex pun tak menjawab berapa setoran yang ia serahkan kepada kelompoknya. Dirinya mengenal kelompoknya di wilayah Tegalaga Kota Bandung.

"Kenalnya di situ di Tegalega, biasalah cari duit buat nyari makan hungkul (doang). Kalau sakit susah Pak, nggak ada yang ngasih," kata dia yang sesekali bisa berbahasa Sunda.

Alex juga mengaku betah tinggal di Kota Bandung. Namun nasibnya ada di Dinsos Bandung untuk nanti dipulangkan ke kampung asalnya jika benar bukan orang Bandung.

Sementara, dari catatan yang dimiliki oleh pihak Dinsos, Alex yang hanya sampai berpendidikan sampai kelas 5 sekolah dasar (SD) itu, dari hasil pemeriksaan awal Alex memiliki emosi yang tidak stabil, bahkan cenderung ada gangguan skizofrenia. Setidaknya ada waham bahwa dia mengaku sering mendengar suara yang menyuruhnya berbuat sesuatu yang aneh-aneh.
Pura-pura Buntung, Pria Bandung Ini Bisa Kantongi Rp 200 Ribu Sehari Pura-pura Buntung, Pria Bandung Ini Bisa Kantongi Rp 200 Ribu Sehari Reviewed by Amborsius Ambarita on 8/07/2016 05:27:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.