Saat Saksi Ahli IT Yakin Jessica Taruh Sianida ke Kopi Mirna

Jessica Kumala Wongso di PN Jakpus
Jessica Kumala Wongso di PN Jakpus. (Foto: Detikcom)
Kasubbid Komputer Forensik Puslabfor Bareskrim Polri AKBP Muh Nuh Al Azhar, selaku saksi ahli IT dihadirkan jaksa ke persidangan kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin. Dalam kesaksiannya, Nuh seakan-akan menyatakan yakin Jessica Kumala Wongso yang menaruh sianida ke dalam kopi Mirna walaupun tidak ada satu pun yang melihat Jessica menaruh racun ke kopi Mirna.



Dalam sidang ini, jaksa sudah menghadirkan CCTV dengan kualitas yang sudah bisa di-zoom, adegan menaruh racun juga tak terlihat. Lalu mengapa saksi ahli seolah-olah mengarahkan Jessica yang menaruh Sianida.

Nuh mengatakan ada beberapa kegiatan Jessica di CCTV yang mencurigakan. "Apa yang saudara curigakan dari rekaman CCTV tersebut?" tanya hakim Binsar ke Nuh di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus), Jl Bungur Besar Raya, Rabu (10/8/2016).

Mendapat pertanyaan itu, Nuh menjawab bahwa kegiatan Jessica yang selalu menoleh ke meja 54 adalah tindakan yang mencurigakan.

"Terdakwa di ruang cocktail, dia kemudian beberapa kali menoleh ke meja 54. Dia juga duduk segaris lurus dengan CCTV dan tanaman hias hingga tubuhnya terhalangi tanaman hias," jawab Nuh.

Nuh mengatakan, kegiatan mencurigakan lainnya adalah ketika pelayan sudah meletakan tatakan menu di ujung meja lalu Jessica mengambil tatakan meja itu dan diletakan sejajar dengan paper bag.

"Kemudian kopi di depannya malah dipindah ke ujung yang akan diminum korban (Mirna)," ucapnya.

Nuh juga menilai gerakan Jessica saat tangannya ke dalam tas adalah kegiatan yang mencurigakan. Jessica terlihat tangannya beberapa kali masuk ke tas sebelum Mirna hadir.

Nuh juga mengatakan adegan tersebut merupakan kepingan puzzle yang hilang. "Menurut saudara. Kalau diibaratkan sebagai puzzle, apakah seluruh kepingan ini sudah lengkap?" tanya jaksa penuntut umum ke Nuh.

"Ini hampir komplit," jawab Nuh.

"Di bagian mana yang belum komplit?" tanya jaksa ke Nuh lagi.

"Ketika terdakwa menaruh sianida ke dalam kopi," jawab Nuh yang membuat ruang sidang terdiam seketika.

Tapi memurut Nuh, meski ada 1 keping yang hilang itu tidak bisa menghilangkan jejak kasus. Dia mengibaratkan seperti orang sedang menyusun puzzle tapi kehilangan 1 keping.

"Contoh kalau ada huruf A, lalu kita pecah jadi 30 keping. Kalau hilang 1 keping tetap semua orang bilang itu pasti huruf A," tegas Nuh.

"Apalagi di kasus ini (barang buktinya) rekaman CCTV, di mana rangkain momen yang baik dan kaya untuk dianalisa," tambahnya.
Saat Saksi Ahli IT Yakin Jessica Taruh Sianida ke Kopi Mirna Saat Saksi Ahli IT Yakin Jessica Taruh Sianida ke Kopi Mirna Reviewed by Amborsius Ambarita on 8/10/2016 05:32:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.