Selain Paspor AS, Arcandra Tahar Kini Diisukan Mangkir dari Ikatan Dinas PT Timah

Menteri ESDM Arcandra Tahar tersandung kasus paspor AS
Menteri ESDM Arcandra Tahar tersandung kasus paspor AS. (Foto: Detikcom)
Selain sosoknya diperbincangkan terkait paspor AS yang pernah dimilikinya, Menteri ESDM Arcandra Tahar kini didera isu tak sedap di awal perjalanan karirnya, yaitu mangkir dari ikatan dinas PT Timah.



Arcandra Tahar bisa berkuliah ke Amerika Serikat (AS) lantaran disekolahkan PT Timah (Persero) Tbk. Arcandra yang merupakan lulusan sarjana dari Tenik Mesin ITB itu direkrut PT Timah pada 1996 dan dikuliahkan S2 ke Texas A&M University dalam rangka pembentukan proyek pusat riset teknologi kelautan, Ocean Engineering Research Center.

Seperti diberitakan detikcom, Senin (15/8/2016), senior Arcandra di PT Timah yang bernama Dwi Barto menjawab tentang isu yang menyebutkan bahwa Arcandra mangkir dari ikatan dinas PT Timah lantaran telah dikuliahkan ke Amerika. Dwi menegaskan bahwa hal tersebut tidak benar.

Menurut Dwi, Arcandra ke AS untuk kemudian disiapkan mengurusi proyek Pusat Riset Teknologi Kelautan yang tengah diinisiasi PT Timah saat itu. Namun di tahun 1998 ketika seharusnya Arcandra pulang ke Indonesia, pusat riset itu gagal diwujudkan sehingga PT Timah membebaskan Arcandra dan 3 temannya, apakah kembali ke Indonesia atau berada di Amerika tanpa harus membayar ganti rugi.

"Jadi tahun 1996-1998 kan Pak Arcandra dikuliahkan PT Timah untuk proyek pusat riset itu kan ya. Nah pas tahun 1998 terjadi krismon, nah PT Timah juga kena dampak krismon waktu itu jadi pusat riset itu yang direncanakan itu dibatalkan, tidak jadi dibentuk. Nah terus karyawan yang direkrut yang tugas belajar di Amerika saat itu, oleh direksi PT Timah diberi kebebasan, apakah dia akan kembali ke PT Timah, atau dia tidak kembali ke PT Timah tanpa PT Timah menuntut ganti rugi, artinya dibebaskan kalau dia tidak kembali tidak masalah. Nah Pak Arcandra itu salah satu yang dia memilih tidak kembali," katanya.

Arcandra pun, disebut Dwi, tetap bertahan di Amerika. Di saat yang bersamaan pun, pemerintah Amerika saat itu memberikan beasiswa kepada Arcandra dan 3 temannya hingga lulus S3. Sejak saat itu Arcandra berada di Amerika.

"Kebetulan waktu itu pemerintah Amerika membuat kebijaksanaan karena krismon di Indonesia, maka mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Amerika, biaya kuliahnya dibiayai oleh pemerintah Amerika, jadi beliau mengambil kesempatan itu, saya kira. Karena sudah lulus S2, dia mengambil kesempatan ke S3 di sekolah yang sama. Nah itulah jadi kayaknya beliau sejak 1996 lepas dari PT Timah kemudian melanjutkan S3 di Texas A&M, itu dia berada di sana," sambungnya.
Selain Paspor AS, Arcandra Tahar Kini Diisukan Mangkir dari Ikatan Dinas PT Timah Selain Paspor AS, Arcandra Tahar Kini Diisukan Mangkir dari Ikatan Dinas PT Timah Reviewed by Amborsius Ambarita on 8/14/2016 11:03:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.