Setengah Musim di F1, Rio Haryanto Dapat Nilai C dari Media Asing

Rio Haryanto saat mengikuti GP Jerman
Rio Haryanto saat mengikuti GP Jerman. (Detikcom)
Pebalap Formula One (F1) asal Indonesia, Rio Haryanto, mendapatkan nilai C dari sejumlah media asing terkait penampilannya di paruh pertama musim F1 2016. Media Inggris, Telegraph, menganggap Rio tampil cukup impresif di musim pertamanya di ajang F1 sejauh ini. Sayang masa depan pebalap 23 tahun itu di paruh kedua musim dalam ancaman menyusul belum adanya sponsor tambahan.



"Rio Haryanto adalah pay driver yang bisa diandalkan. Tapi, kelanjutan kariernya akan bergantung pada kemampuan sponsor di Indonesia untuk membayar," tulis Telegraph.

Telegraph memberi nilai C untuk Rio karena belum mampu meraih poin hingga paruh musim. Sementara rekan setim Rio, Pascal Wehrlein, mendapat nilai B menyusul penampilan yang lebih baik.

Secara keseluruhan Telegraph memberi nilai C kepada Manor Racing. Mengandalkan dua pebalap rookie, tim asal Inggris itu mengoleksi satu poin dari 12 seri hasil finis kesepuluh yang diraih Wehrlein di GP Austria. Poin Manor masih lebih baik daripada Sauber yang belum meraih poin hingga paruh musim.

Fox Sports Asia juga memberi nilai C kepada Rio. Meski hampir selalu finis di posisi terakhir, penampilan Rio diklaim Fox Sports Asia melebihi prediksi awal. Pebalap kelahiran Surakarta itu awalnya diprediksi akan mengalami kesulitan mengimbangi Wehrlein, yang sering dianggap sebagai pebalap masa depan F1.

"Rio telah menunjukkan sejumlah kualitas, tapi dia terlalu sering berada di bawah bayang-bayang Wehrlein. Kondisinya semakin buruk setelah Wehrlein menunjukkan peningkatan dalam beberapa balapan terakhir," tulis Fox Sports Asia.

Fox Sports Asia mengklaim kelemahan terburuk Rio adalah kecepatannya saat balapan. Meski sering masuk radar speed trap, Rio gagal tampil cepat secara konsisten.

Pebalap lain yang mendapat nilai C seperti Rio adalah Felipe Nasr (Sauber), Kevin Magnussen (Renault), Jolyon Plamer (Renault), Valtteri Bottas (Williams), dan Kimi Raikkonen (Ferrari). Nasr diberi nilai C meskipun untuk Sauber dinilai hanya berhak memperoleh nilai E.

Telegraph menyebut musim ini menjadi masa-masa sulit bagi Sauber yang terbelit masalah finansial. Namun, tim tersebut sudah mendapat pemilik baru sehingga mulai bisa merancang mobil untul musim 2017. Hal itu diperburuk dengan penampilan tak meyakinkan kedua pebalap, yang sering crash atau saling bertabrakan sendiri. Bahkan, media besar Inggris itu hanya memberi nilai D untuk Marcus Ericsson.

Pebalap lain yang juga memperoleh nilai D adalah Esteban Gutierrez (Haas), Felipe Massa (Williams), dan Daniil Kvyat (Toro Rosso). Telegraph menyatakan sebagai tim baru penampilan Haas cukup fenomenal. Namun, Gutierrez tak berkontribusi sama sekali dalam perolehan poin tim. Seluruh poin yang diraih Haas berasal dari Romain Grosjean. Gutierrez pun diminta bersiap-siap mencari tim baru pada musim depan.

Felipe Massa juga mendapat nilai D. Ada beberapa faktor yang dinilai menjadi penyebab buruknya performa pebalap asal Brasil tersebut. Salah satunya kinerja mobil Williams yang tak menjanjikan, terutama dalam hal aerodnamika. Namun, di sisi lain Massa dianggap sudah tak bisa tampil istimewa lagi. Tahun ini diprediksi jadi musim terakhir Massa di Formula 1 (F1).

Pebalap Toro Rosso, Daniil Kvyat, juga memperoleh nilai D. Musim ini memang bukan keberuntungannya. Pebalap Rusia itu didrop dari Red Bull di awal musim karena sering crash maupun bertabrakan dengan pebalap lain. Apesnya, saat bergabung dengan Carlos Sainz Jr di Toro Rosso, Kvyat juga gagal unjuk gigi. Dia kesulitan mengimbangi Sainz.

Beberapa pebalap papan atas, seperti Nico Rosberg dan Sebastian Vettel. Adapun Lewis Hamilton seperti diprediksi mendapat nilai A-. Namun, ada satu pebalap yang memperoleh nilai yang lebih baik daripada Hamilton, yaitu Max Verstappen (Red Bull). Pebalap asal Belanda itu dinilai tampil luar biasa meski baru berusia 18 tahun.

Inilah rapor tim dan pebalap F1 versi Telegraph (hingga tengah musim):

Sauber E
Marcus Ericsson D
Felipe Nasr C

Manor Racing C
Pascal Wehrlein B
Rio Haryanto C

Renault E
Kevin Magnussen C
Jolyon Palmer C

Haas B
Romain Grosjean B
Esteban Gutierrez D

McLaren C
Fernando Alonso B+
Jenson Button B

Toro Rosso C
Carlos Sainz Jr. B
Daniil Kvyat D

Force India B
Sergio Perez A-
Nico Hulkenberg C

Williams D
Valtteri Bottas C
Felipe Massa D

Red Bull B
Daniel Ricciardo B+
Max Verstappen A

Ferrari C
Sebastian Vettel B
Kimi Raikkonen C

Mercedes A-
Lewis Hamilton A-
Nico Rosberg B
Setengah Musim di F1, Rio Haryanto Dapat Nilai C dari Media Asing Setengah Musim di F1, Rio Haryanto Dapat Nilai C dari Media Asing Reviewed by Amborsius Ambarita on 8/03/2016 05:31:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.