Tutup Rumah Warga di Kali Krukut, Solusi Ahok Atasi Banjir Kemang

Penampakan tembok Kali Krukut yang jebol
Penampakan tembok Kali Krukut yang jebol. (Detikcom)
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyebut banjir hebat yang melanda sebagian wilayah Jakarta Selatan hingga membuat mobil warga di Kemang terendam diakibatkan tembok rumah warga di tepi Sungai Krukut jebol.

Setidaknya ada dua lokasi banjir hebat di kawasan Kemang pada Sabtu kemarin. Pertama di kawasan Jl Taman Kemang yang terkena air akibat jebolnya tanggul Kali Krukut yang ada di dekat lokasi itu. Kedua di kawasan Kemang Selatan persisnya di Jalan Taman Kemang Jaya. Penyebab banjir disebut-sebut karena air masuk dari tembok rumah warga yang jebol.



Ahok heran dengan warga yang bisa mendapat sertifikat hak milik atas rumah di pinggir sungai sejak dahulu. Pkabat Pemprov DKI era gubernur sebelumnya diduga menghamburkan izin pembangunan rumah dan apartemen mewah kepada pegembang di kawasan tersebut khususnya di bantaran Sungai Krukut seperti Kemang Village (milik Lippo Grup) dan Apartemen The Mansion At Kemang (Agung Sedayu).

Tetapi Ahok enggan mempermasalahkan hal tersebut. Ia menyodorkan solusi untuk menutup paksa rumah di bantaran sungai.

"Semua kali enggak boleh jebol. Ini jebolnya dari rumah orang, ada lima rumah. Kita paksa tutup rumah itu. Kita datang, ambil. Mesti tutup supaya airnya enggak lewat. Terus kita juga kirim alat berat," kata Ahok saat menghadiri Silaturahim Ikatan Keluarga Masyarakat Belitong di Ruang Rimbawan II Manggala Wanabhakti Kementerian LHK, Jl Gatot Soebroto, Jakarta, Minggu (28/8/2016), seperti diberitakan Detkcom.

Ahok memasangi brojong di antara rumah warga dengan sungai. Selama ini tembok warga berbatasan langsung dengan sungai bak sebuah tanggul.

"Terus kita juga kirim alat berat. Sekarang alat berat kalau kita gali, Krukut yang di dalam bisa enggak gali 1-2 meter galinya? Enggak bisa. Nanti smua dinding rumah orang roboh. Kamu bangun rumah begitu, kalau saya gali, roboh kan?! Kita beli, enggak bisa juga," sebut Ahok.
Tutup Rumah Warga di Kali Krukut, Solusi Ahok Atasi Banjir Kemang Tutup Rumah Warga di Kali Krukut, Solusi Ahok Atasi Banjir Kemang Reviewed by Amborsius Ambarita on 8/28/2016 02:26:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.