Pelaku Bom Gereja Medan Kontak Langsung dengan Bahrun Naim

Tampang Ivan Armadi Hasugian saat diamankan
Tampang Ivan Armadi Hasugian saat diamankan. (Istimewa)
Pelaku percobaan bom bunuh diri di Gereja Katolik St Yoseph, Medan yaitu Ivan Armadi Hasugian atau IAH (17) tidak terkait dengan jaringan manapun. Namun, IAH memiliki kontak langsung dengan Bahrun Naim.

"Dia tipologi self radicalisation, belum tergabung jaringan atau network apapun. Dia punya kontak langsung dengan Bahrun Naim yang ada di Suriah," kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat rapat di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (7/9/2016), seperti diberitakan Detikcom.

Tito menuturkan bahwa Bahrun Naim terkait dengan bom di Mapolresta Solo serta percobaan bom di Surabaya. Kontak langsung ini merupakan fenomena baru.

"Ada kontak langsung IAH dengan Bahrun Naim. Ini fenomena baru. Lone wolf dengan merekrut anak di bawah 18 tahun yang merakit bom dan melakukan sendiri," jelas mantan Kepala BNPT ini.


Tito menambahkan, kasus teror bom yang ada di Indonesia banyak dilakukan anak anak muda.

"Ini fenomena baru dengan merekrut anak-anak dibawah 18 tahun dan buat bom sendiri, merakit sendiri dan ledakan sendiri," kata Tito.

Percobaan bom bunuh diri ini berlangsung pada Minggu (28/8) lalu. IAH (17) mengaku disuruh oleh seseorang untuk menyerang Gereja Santo Yoseph di Medan, Sumatera Utara. IAH mengaku dijanjikan uang sebesar Rp 10 juta oleh orang yang menyuruhnya tersebut.

Bom yang dirakit IAH itu batal meledak sehingga hanya memunculkan api. IAH lalu berusaha menyerang pastor dan berhasil dilumpuhkan jemaah.
Pelaku Bom Gereja Medan Kontak Langsung dengan Bahrun Naim Pelaku Bom Gereja Medan Kontak Langsung dengan Bahrun Naim Reviewed by Amborsius Ambarita on 9/05/2016 02:38:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.