Anies Baswedan Kembali Berteori: Kerja Tanpa Gagasan Ibarat Mandor

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menerima berkas penetepan Cagub dan Cawagub DKI Jakarta dari Ketua KPUD DKI Sumarno
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menerima berkas penetepan Cagub dan Cawagub DKI Jakarta dari Ketua KPUD DKI Sumarno. (Liputan6.com)
Cagub DKI Anies Baswedan memang dikenal sebagai sosok yang sering melontarkan teori atau ide bagus dengan cara simpatik dan santun. Kali ini, menteri yang baru dipecat Jokowi ini menekankan perlunya memiliki kepemimpinan dan menyayangkan apabila seseorang bekerja tetapi tanpa mementingkan gagasan. Menurut Anies, jika bekerja tetapi tidak memiliki gagasan tidak jauh berbeda dengan mandor.

"Kenapa kepemimpinan ide itu perlu? Hari ini namanya kerja saja, kerja itu penting tapi harus ada gagasan, kalau cuma kerja saja ya mandor," kata Anies di Gedung DPR/MPR, Jakarta Pusat, Rabu, (26/10/2016), seperti diberitakan Detikcom.

Hal ini disampaikan Anies saat menjadi pembicara dalam seminar 'Sumpah Pemuda dalam Penguatan Karakter dan Identitas Bangsa' yang diadakan oleh F-PKS DPR. Dalam sesi tanya jawab, Anies mengatakan suatu gagasan tidak hanya melalui kata-kata semata.

"Salah satu yang mendasar, kita sering bekerja tanpa mementingkan gagasan. Padahal gagasan itu penting, kalau yang digunakan kata-kata wah, ini hanya sekedar mementingkan kata-kata saja," imbuhnya.

Anies mengibaratkan dalam pembangunan rumah susun (rusun) jika tanpa memiliki gagasan, orang-orang yang bersifat komunal tidak cocok tinggal di sana. Dia mengatakan desain rumah susun serupa dengan pola orang Barat yang individual.

"Bayangkan, bangun rusun tanpa gagasan maka orang masuk, dan bayangkan ini komunal jadi individual. Karena kan desain pola barat yang masyarakat individual," ujar Anies.

Anies juga menambahkan, ketika orang tua ingin anaknya menjadi individual, dapat ditempatkan kamar mandi pada setiap kamar tidur mereka. Begitu pula sebaliknya, jika ingin anaknya berinteraksi, orang tua harus menempatkan kamar mandi di luar kamar tidur.

"Jangan saudara anggap sepele arsitektur rumah. Tanpa kata, ide akan terjebak. Karena Indonesia dibangun dengan gagasan," tutupnya.
Anies Baswedan Kembali Berteori: Kerja Tanpa Gagasan Ibarat Mandor Anies Baswedan Kembali Berteori: Kerja Tanpa Gagasan Ibarat Mandor Reviewed by Amborsius Ambarita on 10/26/2016 04:42:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.