27 Penyelidik Bareskrim Tak Bulat Tetapkan Ahok Jadi Tersangka

Kabareskrim Polri, Irjen Ari Dono Sukmanto tersenyum
Kabareskrim Polri, Irjen Ari Dono Sukmanto tersenyum. (Liputan6.com)
Beritakepo.com. Jakarta - Bareskrim Mabes Polri menetapkan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai tersangka dugaan penistaan agama. Kesimpulan dari para penyelidik itu tidak bulat.

"Ada perbedaan tajam dari pihak ahli tentang ada tidaknya unsur niat. Hal ini menyebabkan ada perbedan pendapat dari tim penyelidik 27 orang," kata Kabareskrim Komjen Ari Dono Sukmanto dalam konferensi pers di Gedung Rupatama Mabes Polri, Rabu (16/11/2016).

Penyelidik Bareskrim Polri sudah mengundang 29 orang saksi dan 39 orang ahli. Pada akhirnya, kesepakatan diambil yaitu Ahok sebagai tersangka.

"Dicapai kesepakatan, meski tidak bulat," tegasnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kapolri Jendera Badrodin Haiti yang memberi pernyataan setelahnya. Ahli pun berbeda pendapat dalam menilai dugaan penistaan agama ini.

Baca juga: Tetapkan Ahok Jadi Tersangka, Kabareskrim: Tidak Ada Tekanan

"Ahli bahasa berbeda pendapat, ahli agama berbeda pendapat. Saya mendapat laporan, di kalangan penyelidik terjadi dissenting opinion. Ada yang katakan pidana ada yang katakan tidak. Sebagian besar mengatakan pidana," ucap Tito.

Kini, Ahok dicegah untuk tidak keluar negeri. Hal ini dilakukan untuk langkah penyidikan selanjutnya.

Keputusan menetapkan Ahok sebagai tersangkan diambil setelah pada Selasa kemarin dilakukan gelar perkara di Mabes Polri. Gelar perkara dilakukan dengan menghadirkan pelapor, saksi ahli dari terlapor dan pelapor maupun penyidik.

Kabareskirim Komisaris Jenderal Ari Dono Sukmanto mengatakan terjadi perdebatan di antara saksi ahli. Namun perbedaan itu didominasi oleh yang setuju perkara ini dilanjutkan ke tingkat penyidikan.

"Dicapai kesepakatan meski tidak bulat, didominasi yang menyatakan perkara ini akan dilanjutkan proses penyidikan," kata Ari Dono.
27 Penyelidik Bareskrim Tak Bulat Tetapkan Ahok Jadi Tersangka 27 Penyelidik Bareskrim Tak Bulat Tetapkan Ahok Jadi Tersangka Reviewed by Amborsius Ambarita on 11/15/2016 07:38:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.