(AFF Cup 2016) Diimbangi Filipina 2-2, Nasib Indonesia Tergantung Thailand

Hasil AFF Suzuki Cup 2016, Indonesia 2-2 Filipina
Hasil AFF Suzuki Cup 2016, Indonesia 2-2 Filipina. (Twitter @affsuzukicup)
Beritakepo.com. Jakarta - Tuan rumah Filipina berhasil menahan imbang Timnas Indonesia 2-2 pada laga kedua di Grup B Piala AFF 2016 di Stadion Philippine Sport Complex, Selasa (22/11) malam waktu setempat. Dengan hasil ini, harapan Skuat Garuda Indonesia lolos ke semifinal harus bergantung pada Thailand. Dengan catatan Indonesia harus menang pada laga terakhir melawan Singapura.

Sebenarnya, Indonesia sempat unggul dua kali atas Filipina namun berhasil disamakan. Kemenangan Indonesia 2-1 yang dicetak Boaz Solossa, digagalkan gelandang The Azkals, Younghusband.

Gol pertama Indonesia dicetak oleh Fachrudin Aryanto memanfaatkan tendangan bebas yang dilepaskan Stefano Lilipaly pada menit ke-7. Namun, kemudian dibalas oleh gol Misagh Bahaddoran.

Bola yang dilepaskannya tepat berada di kepala Fachrudin. Bek Indonesia itu pun dengan akurat menyundul bola yang sempat memantul tanah, kemudian bersarang ke gawang Filipina.

Sepanjang babak pertama, Indonesia memang lebih mendominasi permainan. Peluang demi peluang pun didapatkan timnas Indonesia.

Salah satunya peluang emas tendangan Boaz Solossa yang mampu ditepis. Dari sudut sempit ia mengirimkan tendangan keras dan mampu menaklukkan penjaga gawang Filipina, tapi bola sukses dihentikan sebelum melewati garis gawang oleh bek tengah Filipina.

Peluang emas juga lahir dari kaki Evan Dimas. Berawal dari bola mati Filipina, Indonesia balas menyerang balik secara cepat dengan lima pemain langsung merangsek ke kotak penalti.

Boaz Solossa sukses menyodorkan umpan silang mendatar bagi Evan Dimas yang telah berada di tiang jauh. Tapi ia hanya mampu melambungkan bola ke atas mistar.

Filipina juga memiliki peluang emas, salah satunya tendangan Stephan Schrock yang mampu dimentahkan kiper Indonesia, Kurnia Meiga.

Kurnia Meiga beberapa kali melakukan penyelamatan gemilang menolak tendangan demi tendangan pemain Filipina yang mengarah ke gawangnya.

Namun, Filipina berhasil meraih gol penyama kedudukan berawal dari tendangan bebas pada menit ke-31. Schrock yang melepaskan tendangan lambung mengarahkan bola ke dalam kotak penalti.

Bahaddoran merangsek dari belakang tanpa pengawalan dari para barisan bertahan Indonesia. Ia pun langsung menyodok umpan tersebut dan bola bersarang ke gawang Kurnia Meiga.

Memasuki babak kedua, tuan rumah bermain lebih agresif melakukan serangan pada awal-awal babak.

Indonesia sempat kembali memimpin melalui gol Boaz Solossa pada menit ke-68. Gol terjadi dari serangan balik skuat Garuda.

Berawal dari sepakan keras Andik Vermansah yang keras dari luar kotak penalti, bola terkena tiang. Boaz Solossa dengan cepat merebut bola muntah dan mengirimkan bola ke dalam gawang.

Namun, Filipina mampu menyamakan skor kembali. Gol kali ini tercipta berkat tendangan bebas Younghousband pada menit ke-81.

Setelah kebobolan, Riedl memasukkan Ferdinand Sinaga. Penyerang PSM Makassar tersebut diharapkan bisa menjadi keberuntungan.

Ferdinand melepaskan ancaman pertama dengan menendang bola dari luar kotak penalti pada menit ke-93. Namun, Ferdinand harus gigit jari karena bola masih bisa ditepis Mueller.

Susunan Pemain

Indonesia (4-4-2): 1-Kurnia Meiga; 2-Beny Wahyudi, 13-Yanto Basna, 16-Fachruddin Aryanto, 3-Abduh Lestaluhu; 6-Evan Dimas, 8-Stefano Lilipaly; 21-Andik Vermansah (Zulham Zamrun 77), 14-Rizky Pora; 7-Boaz Solossa, 12-Lerby Eliandry (Ferdinand Sinaga 86)

Pelatih: Alfred Riedl

Filipina: 15-Roland Mueller; 21-Martin Steuble. 12-Amani Aguinaldo, 28-Jeffrey Christiaens, 14-Kevin Ingreso; 9-Misagh Bahadoran, 8-Manuel Ott, 10-Philip Younghusband, 40-Hikaru Minegishi (Ramsay 55); 5-Mike Ott; 17-Stephan Schrock

Pelatih: Thomas Dooley
(AFF Cup 2016) Diimbangi Filipina 2-2, Nasib Indonesia Tergantung Thailand (AFF Cup 2016) Diimbangi Filipina 2-2, Nasib Indonesia Tergantung Thailand Reviewed by Amborsius Ambarita on 11/22/2016 06:27:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.