(AFF Cup 2016) Laga Filipina vs Indonesia Diprediksi Terbuka

Alfred Riedl dan Pelatih Filipina, Thomas Doolay
Alfred Riedl dan Pelatih Filipina, Thomas Doolay. (PSSI)
Beritakepo.com. Timnas Indonesia akan melawan Filipina di pertandingan lanjutan Piala AFF 2016 yang akan dihelat di Phillipines Sports Stadium, Selasa (22/11/2016) malam pukul 19.00 WIB. Pertandingan itu menjadi laga hidup-mati untuk kedua tim. Kedua tim sama-sama butuh kemenangan, laga pun diprediksi berjalan terbuka.

Saat melawan Singapura, Filipina gagal memanfaatkan sejumlah peluang untuk mencetak gol. Mereka juga tak mampu memanfaatkan keunggulan jumlah pemain di lapangan. Singapura bermain dengan 10 pemain sejak menit 34, usai Hafiz Abu Sujad mendapatkan kartu merah.

Pelatih Filipina, Thomas Doolay, mengeluhkan strategi Singapura yang banyak menumpuk pemain di dalam kotak penalti. Dia berharap Indonesia tak bermain defensif saat melawan tim besutannya.

"Saya hanya berharap bahwa Indonesia tak bermain seperti Singapura. Jelas sangat sulit untuk mencetak gol dengan banyaknya pemain di dalam kotak penalti," kata Dooley kepada pewarta di Novotel Araneta. Senin (21/11/2016).

"Ada motivasi besar untuk menang, semua pemain dalam kondisi fit, semua pemain sudah siap, kita tunggu saja hasilnya besok," imbuhnya.

Pelatih Indonesia, Alfred Riedl memberikan respons atas harapan Filipina itu. Dia menegaskan bahwa Indonesia jelas akan berjuang untuk bertahan di Piala AFF 2016 lebih lama.

Pelatih asal Austria itu mengungkapkan bahwa Indonesia akan tampil menyerang karena wajib memenangi pertandingan.

"Kami akan berusaha memenangi pertandingan karena kami tahu kalau kami kalah maka kami akan tersingkir. Filipina juga masih mempunyai peluang. Semua kemungkinan masih ada," ujar Riedl.

"Tentu saja saat Anda harus menang, maka Anda tak bisa menungu di belakang. Andai strateginya bagus, maka Anda bisa mencetak gol," tambah pelatih asal Austria itu.

Di pertemuan terakhir melawan The Azkals, Indonesia kalah telak dengan skor akhir empat gol tanpa balas. Laga itu berlangsung di My Dinh National Stadium, Hanoi, Vietnam, pada laga Piala AFF 2014 silam.

Riedl yakin bahwa persiapan timnya kali ini jauh lebih baik. Oleh sebab itu, dia bilang bahwa Boaz Salossa cs. akan lebih siap untuk menghadapi pertandingan.

"Tentu akan menjadi pertandingan yang sulit lagi. Tapi di tahun 2014, tim saya memiliki fisik yang lemah karena hanya mempunyai persiapan satu minggu setelah menjalani musim yang panjang dan sangat kelelahan," kata Riedl.

"Tapi, kita tidak bisa membandingkan kekuatan Filipina saat ini dengan dua tahun lalu dan begitu juga Indonesia. Karena saya percaya tim kami saat ini lebih siap dari tim Indonesia dua tahun sebelumnya," tambahnya,

Kecepatan pemainsayap Indonesia akan dimaksimalkan, Riedl juga meminta seluruh penggawa timnas bisa menerapkan total football saat menyerang maupun bertahan.

"Mereka punya keunggulan postur tubuh lebih tinggi, tapi kami punya kecepatan," tegas Riedl.

"Kemungkinan akan tetap menggunakan formasi sama, 4-4-2. Tapi, saya tegaskan formasi tidak lagi terlalu penting di lapangan. Yang terpenting adalah bagaiamana menerapkan serangan secara serentak melibatkan banyak pemain dan begitu juga sebaliknya ketika dalam situasi bertahan. Karena itulah filosofi total football," imbuhnya.
(AFF Cup 2016) Laga Filipina vs Indonesia Diprediksi Terbuka (AFF Cup 2016) Laga Filipina vs Indonesia Diprediksi Terbuka Reviewed by Amborsius Ambarita on 11/21/2016 06:40:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.