Ahok: Dana Pembangunan Stadion Persija Terhambat Masalah Reklamasi

Desain Stadion BMW berbentuk turban (peci yang dililit sorban)
Desain Stadion BMW berbentuk turban (peci yang dililit sorban). (Istimewa)
Beritakepo,com. Jakarta - Calon gubernur DKI Jakarta yang juga petahana Basuki T Purnama (Ahok) mengatakan bahwa dirinya sudah akan membangun taman BMW (Bersih Manusiawi Wibawa) menjadi stadion untuk tim Persija Jakarta. Namun hal tersebut urung dilakukan karena ada masalah reklamasi.

"Kita mau bangun, kalau enggak ada masalah pulau reklamasi sudah kita bangun taman BMW jadi markas Persija," kata Ahok di Kantor DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Jalan Wahid Hasyim, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (28/11/2016).

Design stadion, lanjut Ahok, sudah ada. Nantinya stadion untuk Persija berbentuk seperti kopiah khas DKI. Masalah selanjutnya adalah masalah uang. Karena, bila memakai dana APBD, maka Ahok tidak bisa melewati tahun jamak masa jabatannya.

Berdasarkan Pasal 54 A ayat 6 Permendagri Nomor 21 tahun 2011 mengatakan, jangka waktu penganggaran kegiatan tahun jamak (multiyears) sebagai dimaksud pada ayat (3) tidak melampaui akhir tahun masa jabatan Kepala Daerah berakhir. Dengan demikian pembangunan infrastruktur bergantung pada masa jabatan seorang kepala daerah.

"Design sudah selesai semua, bentuknya kopiah DKI. Tinggal bangun," ujar Ahok.

"Masalahnya duit. Kalau kita bangun pakai APBD, saya tidak boleh melewati tahun jamak jabatan saya. Makanya 2 hal ini nyangkut, yaitu taman BMW dan Rumah Sakit Sumber Waras," paparnya.

Ahok sendiri lupa berapa anggaran yang akan terpakai untuk pembangunan stadion Persija. Namun dirinya mengatakan awalnya Jakpro yang akan membangun stadion tersebut dengan uang dari hasil pulau reklamasi. Namun karena uang dari pulau reklamasi belum ada, makanya uang pembangunan stadion yang sudah ada dialihkan dulu untuk pembangunan Light Rail Transit (LRT)

"Saya enggak tahu (anggarannya), sudah ada hitungannya semua. Tadinya kita mau tugaskan Jakpro, tapi Jakpro juga uangnya, reklamasi kan belum jalan. Jadi difokuskan ke LRT dulu," tutupnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah mengklaim, Stadion BMW dapat menampung 50.000 penonton dan memiliki desain turban (peci yang dililit sorban).

"Sesuai ketentuan FIFA, stadion taraf internasional harus dapat menampung 40.000 penonton. Nanti Stadion BMW akan seperti Emirates Stadium, markas Arsenal," kata Saefullah di Jakarta, Sabtu (26/7/2014), seperti diberitakan Kompas.com.

Stadion BMW bakal memiliki dua lapangan sebagai tempat latihan para pemain sepak bola. Sehingga, nantinya stadion utama tidak akan lagi dipergunakan untuk latihan para pemain. Rencananya, di sisi samping Stadion Taman BMW akan dibangun restoran tepi danau dan toko yang dikelola PT Jakpro.
Ahok: Dana Pembangunan Stadion Persija Terhambat Masalah Reklamasi Ahok: Dana Pembangunan Stadion Persija Terhambat Masalah Reklamasi Reviewed by Amborsius Ambarita on 11/28/2016 06:13:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.