Bantah Video Nasihati Ahok Settingan, Nusron: Itu Natural

Ahok manggut-manggut saat dinasihati Nusron Wahid
Ahok manggut-manggut saat dinasihati Nusron Wahid. (Youtube)
Beritakepo.com. Jakarta - Belakangan media sosial sedang ramai memperbincangkan soal video pertemuan Nusron Wahid dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Di video itu, Nusron menasihati Ahok agar minta maaf ke publik terkait pidato kontroversialnya di Kepulauan Seribu yang menyinggung Surat Al Maidah ayat 51.

Saat dikonfirmasi, Nusron membenarkan kalau video itu dibuat dengan maksud untuk menasihati Ahok supaya suasana kembali sejuk dan kondusif.

"Nasihat agar Ahok minta maaf, lebih rendah hati dan lebih mau mendengar orang lain supaya suasana sejuk dan teduh," ujar Nusron, Senin (21/11/2016), seperti diberitakan Detikcom.

Nusron mengatakan video itu dibuat pekan lalu, namun tak mau menjelaskan lebih lengkap di mana video tersebut dibuat.

"Ya minggu lalu. Video (dibuat) di suatu tempat," singkat Nusron.

Di video itu, Nusron dan Ahok nampak berada di sebuah ruangan. Keduanya duduk di kursi dengan posisi berhadap-hadapan. Nusron memakai baju batik lengan panjang warna cokelat, sementara Ahok memakai kemeja motif kotak-kotak lengan panjang.

Di video, Nusron menyarankan agar sosok petahana itu mau meminta maaf secara ikhlas kepada berbagai pihak, khususnya umat Islam. Lalu, apakah Ahok akan kembali meminta maaf secara ikhlas?


Meski bermaksud baik, namun beberapa pihak mempertanyakan apakah video tersebut memang dibuat untuk menciptakan suasana yang sejuk, atau malah dibuat-buat. Menanggapi hal tersebut, Nusron Wahid mengatakan tak ambil pusing dengan tanggapan orang lain.

"Orang komentar ya terserah saja. Yang penting kita punya itikad baik. Bismillah saja," ujar Nusron.

Dia mengatakan video yang dibuat pekan lalu ini dibuat secara alami, tanpa ada niat untuk menambah dan mengurangi maksud yang ingin disampaikan, yakni untuk menasehati Ahok supaya kembali meminta maaf kepada masyarakat terkait ucapannya.

"(Videonya) natural. Pokoknya saya sudah senang dan bersyukur sudah ada niat baik dari Ahok. Semoga bisa membantu mendinginkan keadaan," jelas Nusron.

Dalam video berdurasi 2 menit 49 detik tersebut Ahok yang duduk berhadap-hadapan dengan Nusron tampak terdiam dan sesekali manggut-manggut mendengar perkataan Nusron. Dia kemudian setuju untuk meminta maaf dan mengkoreksi perbuatannya yang dianggap menyinggung beberapa pihak.

"Memang saya sudah sampaikan beberapa kali minta maaf gitu ya. Saya juga mohon maaf buat Pak Nusron dan teman-teman partai, polisi, TNI, saksi ahli, termasuk umat Islam yang dukung maupun tidak mendukung. Dengan kejadian ini saya juga menerima untuk mengoreksi diri untuk instrospeksi," kata Ahok.

Ahok mengatakan, dirinya sadar sebagai pejabat publik tidak bisa bicara sembarangan. Karena itu, ke depan dirinya berjanji akan lebih berhati-hati dalam bicara.

"Makanya saya pikir ini pelajaran yang berharga buat saya. Dan saya sadar, saya tidak akan mengulangi lagi untuk bicara tanpa mikir dan kita juga tidak akan menyinggung-nyinggung agama orang lain, walaupun saya belajar dikit-dikit ngerti, saya kira tafsiran juga yang punya...(suara tidak terdengar jelas di video-red)...enggak berhak saya membicarakan juga. saya kira itu," ucap Ahok.

"Saya mohon maaf untuk banyak pihak terutama umat Islam yang menjadi tersinggung dengan kejadian ini. Saya secara pribadi tidak ada niat untuk menista agama...(video seperti terputus-red). Pelajaran berharga buat saya, sadar harus ada introspeksi memperbaiki cara komunikasi," sambung sosok pentahana di Pilgub DKI Jakarta 2017 ini.
Bantah Video Nasihati Ahok Settingan, Nusron: Itu Natural Bantah Video Nasihati Ahok Settingan, Nusron: Itu Natural Reviewed by Amborsius Ambarita on 11/21/2016 07:03:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.