HMI Laporkan Kapolda Metro, Propam Akan Lakukan Penyelidikan

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan mengendarai motor trail
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan mengendarai motor trail. (Istimewa)
Beritakepo.com. Jakarta - Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) melaporkan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan ke Mabes Polri terkait video saat pengamanan demo 4 November yang dinilai memprovokasi. Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyerahkan penyelidikan ke Propam. .

"Tetap Propam tetap lakukan langkah-langkah penyelidikan,. Kita akan lihat videonya dan tanya kapoldanya, seperti apa," kata Tito di Universitas Trisakti, Jalan Kyai Tapa, Jakarta Barat, Jumat (11/11/2016), seperti diberitakan Detikcom.

"Kita perlu lihat konteksnya di lapangan," sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum PB HMI Mulyadi P Tamsir melapor ke Propam didampingi koordinator kuasa hukum HMI, Muhammad Syukur Mandar. Sebagai barang bukti Syukur Mandar mengatakan, HMI membawa bukti video dan foto penyataan Kapolda Metro Jaya.

"Kami melaporkan Irjen Iriawan atas pernyataannya menghasut dan memprovokasi HMI. Sebagaimana kami tahu, 'kejar HMI, pukuli dia, dia provokatornya'. Kami yang organisasi yang namanya ada di situ kami merasa seperti dihasut, diadudomba," kata Mulyadi P Tamsir kepada wartawan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (11/11/2016).

Sementara sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono telah mengklarifikasi tuduhan provokasi massa yang dilakukan oleh Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan.

Pertanyaan tersebut menurut Awi, bukan dimaksudkan untuk menghasut tapi Iriawan mempertanyakan komitmen FPI yang sudah berjanji tidak akan melakukan aksi anarki saat demo 4 November. Namun, menurut Awi, saat video tersebut diunggah di media sosial, Iriawan dituduh menghasut FPI dan HMI. "Itu sudah komitmen khusus makanya Kapolda ngomong itu. Kan mereka wanprestasi itu. Malah diplesetin, kapolda memprovokasi," ucap Awi.

Baca juga: Ini Video yang Sebut Kapolda Metro Provokasi FPI Agar Serang Massa HMI

Sementara, Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suntana kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (11/11/2016) menyatakan bahwa pelaporan HMI ke Mabes Polri adalah hak sebagai warga negara.

Namun, Suntana menegaskan, bahwa pihaknya telah melakukan pengamanan demo sesuai prosedur dan profesional.

"Tapi saya tegaskan, Polda Metro dalam tahapan pengamanan unjuk rasa, sudah melakukan tahap-tahap dari awal. Kita sudah melakukan tahap diskusi, rapat dengan para rencana yang akan unjuk rasa, apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan, termasuk adanya indikasi adanya provokasi pun sudah kita sampaikan, apabila ada massa cukup besar kemungkinan lebih mudah untuk diprovokasi orang," papar Suntana.
HMI Laporkan Kapolda Metro, Propam Akan Lakukan Penyelidikan HMI Laporkan Kapolda Metro, Propam Akan Lakukan Penyelidikan Reviewed by Amborsius Ambarita on 11/12/2016 02:49:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.