J, Pelaku Bom Gereja di Samarinda: Marbot Masjid, Eks Napi Teroris

Tampang J, Marbot Masjid Tersangka Pelaku Bom Gereja Oikumene
Tampang J, Marbot Masjid Tersangka Pelaku Bom Gereja Oikumene. (Istimewa)
Beritakepo.com. Polisi sudah menangkap J (32) pelaku pelemparan bom molotov di depan Gereja Oikumene, Jl Cipto Mangunkusumo, Sengkotek, Kecamatan Loa Janan Ilir, Samarinda, Kaltim pada Minggu (13/11/2016) pagi.

Kapolres Samarinda Kombes Setyobudi Dwiputro kepada detikcom, mengatakan, pelaku berkaos 'Jihad Way of Life' diketahui telah satu tahun tinggal di Samarinda. Selama tinggal di Samarinda Seberang, warga asal Bogor, Jawa Barat itu tinggal di masjid.

"Dia marbot masjid di Samarinda Seberang," imbuhnya.

Beberapa saat setelah melemparkan bom molotov, pelaku sempat melarikan diri ke Sungai Mahakam. Tetapi warga sekitar yang mengetahui hal itu langsung menangkapnya dan menyerahkannya ke Polsek Samarinda Seberang.

"Pelaku mengalami luka-luka juga," tambahnya.

Saat ini polisi masih menelusuri jaringan pelaku.

"Jaringannya belum tahu, masih dalam pemeriksaan di Polsek Samarinda Seberang," ujarnya.

Sejauh ini, J diketahui merupakan mantan narapidana.

"J pelaku pelemparan bom, yang bersangkutan mantan napi bom Puspitek Serpong, kelompok Pepy Vernando," kata Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar, Minggu (13/11/2016).

"Setelah bebas (J) bergabung dengan kelompok JAD Kaltim dan mempunyai link dengan kelompok Anshori di Jatim yang sekarang ini masih di supervisi karena indikasi akan beli/mendatangkan senjata api dari Filipina," sambungnya.

J diringkus tidak lama setelah melempar bom di depan gereja Oikumene di Jl Cipto Mangunkusumo, Kelurahan Sengkotek, Kecamatan Loa Janan Ilir, Samarinda, Kaltim, pagi tadi. Dilansir prokal.co, tak kurang dari 24 jam setelah tersangka utama diamankan warga dan polisi, aparat Polres Samarinda kembali menangkap terduga lainnya. Ada dua orang lagi yang ditangkap. "Sudah diamankan, dua orang lagi," kata sumber di Polres Samarinda.

Sebelumnya terjadi pelemparan bom molotov di halaman parkir Gereja Oikumene di RT 03. Hal tersebut terjadi sekitar pukul 10.10 Wita, saat para jemaat sedang melakukan aktivitas ibadah. Empat balita yang sedang bermain di halaman turut menjadi korban ledakan tersebut.
Salah seorang balita korban bom gereja di Samarinda
Salah seorang balita korban bom gereja di Samarinda. (Istimewa)
Seluruh korban mengalami luka bakar, berikut datanya:

1. Anita Christabel (2) beralamat di Kelurahan Harapan Baru, Samarinda. Anita mengalami luka bakar di badan.
2. Alfarou Sinaga (4), berlamat di Kelurahan Loa Janan, mengalami luka bakar.
3. Triniti Hutahaean (3) beralamat di Kelurahan Harapan Baru, Samarinda, juga mengalami luka bakar.
4. Intan Olivia Banjarnahor (3,5) beralamat di Kelurahan Harapan Baru yang mengalami luka bakar.
J, Pelaku Bom Gereja di Samarinda: Marbot Masjid, Eks Napi Teroris J, Pelaku Bom Gereja di Samarinda: Marbot Masjid, Eks Napi Teroris Reviewed by Amborsius Ambarita on 11/12/2016 11:01:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.