Langkah Cerdik Presiden Jokowi Menetapkan Ahok jadi Tersangka

Jokowi dan Ahok tertawa disela meninjau proyek MRT
Jokowi dan Ahok tertawa disela meninjau proyek MRT. (Liputan6.com)
Beritakepo.com. Ketika Basuki Tjahaja Purnama (Ahok ditetapkan menjadi tersangka kasus dugaan penistaan agama, Jokowi sudah membuktikan diri bahwa tak ada intervensi dari presiden sekaligus membuktikan Polri sudah bertindak profesional dalam menegakkan hukum.

Jokowi sadar, Kapolri sedang membangun 'trust' publik yang selama ini hilang di tubuh kepolisian. Menetapkan Ahok menjadi tersangka sekaligus langkah aman untuk menampung aspirasi sebagian umat Islam yang menginginkannya sekaligus menjaga nama baik Polri.

Sejak dari awal penyelidikan kasus ini sudah dibuka dengan cara transparan dan aspiratif tanpa melanggar hukum dan harus konstitusional. Jokowi sadar Ahok tak bersalah tetapi langkah berlawanan harus dilakukan untuk menampung aspirasi masyarakat yang terlanjut terprovokasi sekaligus meredam 'langkah aktor politik' melakukan manuver lebih jauh lagi.

Polri sebagai pelaksana Jokowi (saat ini) sebenarnya tak punya bukti kuat untuk menjadi Ahok tersangka. Lihat saja 2 barang bukti dan pasal/UU yang dikenakan ke Ahok. Sebagai contoh UU ITE, yang terlalu dipaksakan karena yang mengunggah video tersebut Pemprov DKI dan mengunggah video editan adalah Buni Yani. Terlalu dipaksakan bukan dan tak heran peluang Praperadilan terbuka lebar. Polri juga terkesan membuang 'bola panas' ke arah kejaksaan dan pengadilan.

Lalu mengapa Ahok dan kuasa hukumnya tak melakukan praperadilan? Ahok dan Jokowi tentu saja sudah berkomunikasi akan hal ini. Jika melakukan praperadilan, dalam hitungan minggu, Ahok akan memenangkan nya karena memang bukti sangatlah lemah. Apalagi, hakim PN Jakut dikenal memang sebagai 'wakil Tuhan di bumi'.

Namun hal ini akan memancing kembali tindakan 'sang aktor'. Dengan kekuatan uang dan kelemahan masyarakat Indonesia yang mudah diprovokasi berbau SARA, wajar kekuatan massa diperkirakan akan melebihi aksi 411. Apalagi kini, buruh melalui KSPI sudah deal untuk menurunkan ratusan ribu buruh.

Praperadilan akan membuat segalanya berakhir cepat. Bahkan mungkin sebelum Pilgub DKI digelar.

Jokowi adalah orang yang cerdik. Menjadi presiden tanpa menjadi ketua partai adalah salah satu buktinya. Dalam kasus ini, Jokowi menerapkan beberapa Seni Perang Sun Tzu.

Pertama, Kagetkan ular dengan memukul rumput di sekitarnya. Hal ini sudah dilakukan sejak awal dengan mendatangi Prabowo, mengundang ulama, mengunjungi 2 ormas Islam terbesar dan langkah terakhir adalah menetapkan Ahok menjadi tersangka. Jika ada demo selanjutnya,maka identitas 'aktor politik' akan terkuak dengan jelas sehingga masyarakat pun tahu. Bukan hanya sekedar laporan intelijen.

Kedua. Lukai diri sendiri untuk mendapatkan kepercayaan musuh. Berpura-pura terluka akan mengakibatkan musuh akan bersantai karena merasa aman. Dalam Kasus ini, Jokowi terbukti tidak menganakemaskan Ahok dan bahkan melukai Ahok dengan status tersangka sehingga musuh merasa mendapat angin segar.

Masih banyak taktik perang Sun Tzu yang diterapkan Jokowi yang mungkin akan dibahas penulis selanjutnya.

Kasus Ahok ini memang permainan politik tingkat tinggi layaknya sebuah lomba marathon yang mengutamakan ketahanan fisik dan membutuhkan kesabaran. Tentu saja, Jokowi akan terus menghabiskan 'sumber daya' sang aktor sebanyak mungkin selama lomba marathon berlangsung. Ia membidik mana target yang jelas. Satu per satu, dibuka. Pada akhirnya, sang aktor menyerah karena lemah dan kekuatannya sudah tak ada lagi.

Taktik ini sudah dilakukan Jokowi saat hingar bingar KMP melakukan perlawanan terhadap Jokowi. Pelan namun pasti, ia melemahkan kekuatan lawannya tanpa disadari lawannya. Lihatlah Ical dan Novanto, dulu dan kini.

Kita sebagai penonton juga harus sabar untuk menunggu akhir dari pertarungan ini. Yang pasti takkan berakhir saat lebaran kuda, yang kita sendiri tak tahu lebaran itu ada atau tidak. Yang pasti, pemenangnya akan tertawa belakangan.
Langkah Cerdik Presiden Jokowi Menetapkan Ahok jadi Tersangka Langkah Cerdik Presiden Jokowi Menetapkan Ahok jadi Tersangka Reviewed by Amborsius Ambarita on 11/16/2016 07:20:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.