Lebih Santun dan Diam, Kini Ahok Tak 'Dikenali' Lagi oleh Sang Istri

Ahok dan istrinya, Veronica Tan
Ahok dan istrinya, Veronica Tan. (Istimewa)
Beritakepo.com. Calon gubernur petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memang dikenal ceplas-ceplos. Bagian sebagian masyarakat, mungkin hal ini menarik karena bisa melihat pemimpin ngomong jujur apa adanya tanpa dibuat-buat atau normatif demi pencitraan. Namun, bagi yang lain, Ahok diidentikkan dengan pemimpi kasar. Dan ini menjadi bahan lawan politiknya untuk menyerangnya. Puncaknya, ia pun terkena imbasnya jadi tersangka kasus penistaan agama.

Setelah kasus pidato kontroversial di Kepulauan Seribu, Ahok juga sudah minta maaf. Kasus itu sendiri kini berkasnya sudah diserahkan ke kejaksaan. Ahok memang mendapat banyak nasihat, mulai dari Wapres Jusuf Kalla hingga Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Dia lalu mengaku kini lebih hati-hati bicara.

Ahok pun menyadari hal demikian. Namun sepertinya, karakternya sangat sulit diubah. Hal ini terlihat saat seorang warga DKI bernama Laksmi mengadu ke Ahok di Rumah Lembang. Dia bertanya ke Ahok soal izin menempati rumah susun untuk waktu lima tahun.

Mendapat keluhan serta pertanyaan tersebut, Ahok sempat heran dan marah dengan keinginan sang ibu itu. "Saya marah, dasar goblok! masa doain sampai lima turunan tetap tinggal di rusun?" kata Ahok di Rumah Lembang, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (29/11/2016).

Tak lama kemudian, Ahok sadar bahwa dia ingin berubah dari kebiasaan ngomong kasar menjadi lebih santun. Calon gubernur DKI nomor urut dua itu pun meralat ucapannya dengan kalimat lebih lembut dan santun.

"Oh, kalau sekarang berubah cara ngomongnya, ini Ahok versi baru. Bilangnya, 'kamu kurang pintar, kamu harus doakan cucumu jadi Presiden dong. Masa doain masih di Rusun?" kata Ahok disambut gelak tawa para pendukungnya.

Ketika dia mengubah gaya bicara, ternyata sang istri yang justru keheranan. Ahok mengaku kini lebih diam dan kalem. Sang istri, Veronica Tan juga menyadari perubahan suaminya itu.

"Istri saya nonton TV, istri saya bilang 'tidak seperti Ahok lagi', yang penting rasa Ahok masih terasa," kata Ahok.

Ahok terus menjalankan nasihat yang dia terima. Nada keheranan juga sempat diungkapkan oleh pendukungnnya.

"Pak, Kenapa berubah diam? Saya jadi nggak ada bahan tulisan, karena karakter pak Ahok yang kuat bisa jadi tulisan," ucap seorang pengarang buku bernama Denny Siregar.

Ahok menjawab dengan mengatakan, dia pernah membaca tulisan salah seorang lawannya. Dari tulisan itu, lawannya menyebut capek jika mencoba melawan program Ahok.

Soalnya, Ahok tidak lagi berteori dalam program-programnya melainkan sudah mengerjakan program itu. Oleh karena itu, banyak yang menyerangnya terkait dengan perkataanya.
Lebih Santun dan Diam, Kini Ahok Tak 'Dikenali' Lagi oleh Sang Istri Lebih Santun dan Diam, Kini Ahok Tak 'Dikenali' Lagi oleh Sang Istri Reviewed by Amborsius Ambarita on 11/28/2016 10:51:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.