Pak Hasmi, Penulis Komik Gundala Putra Petir Meninggal

Pak Hasmi, penulis Gundala Putra Petir semasa hidup
Pak Hasmi, penulis Gundala Putra Petir semasa hidup. (Istimewa)
Beritakepo.com. Sang penulis komik legendaris, Gundala Putra Petir., Harya Suraminata, 69, atau biasa disapa dengan nama Hasmi meninggal pada Minggu (6/11/2016), pukul 12.30 WIB, di Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta. Kabar duka cita ini dinyatakan seniman Jogja, Butet Kartaredjasa lewat akun Facebook miliknya.


Dilansir brilio.net, Pujiyati, istri Hasmi menyatakan bahwa sedianya jenazah akan dimakamkan di Makam Seniman Budayawan Giri Sapto Bantul. "Pemakamannya besok (Senin) tapi jamnya masih belum pasti," tuturnya, Minggu.

Semasa hidup Hasmi aktif menggambar dan menulis skenario. Karyanya yang paling fenomenal adalah Gundala Putra Petir. Ada 23 judul buku seri Gundala yang terbit dalam kurun waktu 1969-1982. Namun sebelum itu pada 1968 dia menciptakan karakter Maza.

Menurut Hasmi, ia menciptakan tokoh itu karena Indonesia juga memerlukan sosok pahlawan yang di dunia Barat sering disebut sebagai superhero.

Hasmi memunculkan tokoh pahlawan lewat tokoh bernama Sancaka. Yakni sosok manusia yang berubah menjadi Gundala.

“Tokoh Gundala berasal dari Yogya. Tokoh ini mudah saya ciptakan karena saya sendiri asli Yogya,” kata Hasmi beberapa waktu yang lalu.

Komik Gundala pernah diangkat ke layar lebar pada tahun 1982. Penggemar Gundala kini rata-rata sudah berusia di atas 40 tahun. Yakni mereka yang pernah melewati masa remaja pada tahun 1970-an hingga 1990-an.

Ide kekuatan Gundala yang berupa petir menurut Hasmi didapat dari tokoh legenda Jawa, Ki Ageng Sela, yang diceritakan bisa menangkap petir. Sementara bentuk fisik Gundala mendapat inspirasi dari bentuk karakter The Flash ciptaan Gardner Fox dari DC Comics.

Lokasi cerita sering digambarkan di kota Yogyakarta meskipun dalam filmnya pada tahun 1982 diceritakan berada di Jakarta. Gundala termasuk karakter komik yang cukup populer di Indonesia selain Si Buta dari Gua Hantu, Panji Tengkorak, dan Godam.

Pada 1996 Godam dan Aquanus yang merupakan karakter superhero ciptaan Wid NS bertemu dengan karakter superhero ciptaan Hasmi, Gundala dan Maza dalam suatu serial komik berjudul Patriot. Beberapa karakter komik lain ciptaan Hasmi seperti Merpati, Kalong, dan Jin Kartubi.
Pak Hasmi, Penulis Komik Gundala Putra Petir Meninggal Pak Hasmi, Penulis Komik Gundala Putra Petir Meninggal Reviewed by Amborsius Ambarita on 11/06/2016 01:09:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.