Partai Demokrat Berharap Jokowi Undang SBY ke Istana

SBY dan Jokowi saat bertemu di Istana
SBY dan Jokowi saat bertemu di Istana. (Setkab)
Beritakepo.com. Jakarta - Pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Istana Merdeka pada Kamis (17/11) sangat menyejukkan walaupun keduanya merupakan rival dalam Pilres 2014 yang lalu. Namun hal ini membuat Partai Demokrat (PD) cemburu di tengah tudingan bahwa sang Ketua Umum, Susilo Bambang Yudhoyono ada di balik demo anti-Ahok yang marak belakangan ini.

PD pun berharap Jokowi mengundang SBY ke Istana untuk mendinginkan suhu politik nasional yang menghangat dalam beberapa minggu terakhir. Tidak hanya itu, pertemuan itu juga akan menghapus prasangka sehingga pencitraan SBY sebagai negarawan tetap terjaga dengan baik, yang mungkin berimbas pada putranya, Agus Harimurti yang kini bertarung di Pilgub DKI.

"Saya kira sangat bagus kalau ada kesempatan. Tentunya tergantung mereka (Istana)," ujar politikus Senior Partai Demokrat Amir Syamsuddin saat dihubungi, Jumat (18/11/2016).

Pertemuan Jokowi-SBY tidak akan terjadi jika tidak niat keduanya untuk duduk dalam satu meja. Amir mengatakan posisi SBY terbuka untuk bertemu dengan siapa pun termasuk dengan Presiden Jokowi.

Namun jika tidak ada isyarat yang diberikan dari kedua belah pihak, maka pertemuan Jokowi-SBY tidak akan pernah terjadi.

"Pertemuan itu manfaatnya jauh lebih baik. Jadi mendinginkan sekaligus terutama mendinginkan suhu politik. Sekarang agak hangat," terangnya.

"Saling bertukar informasi yang jujur, tidak perlu mendengar informasi orang lain. Tentu juga SBY punya harga diri. Saya kira Pak Jokowi sebagai presiden akan sangat diuntungkan kalau kemudian tampil yang bisa merangkul semua orang," sambung mantan Menteri Hukum dan HAM ini.

Amir menambahkan, hubungan Jokowi dan SBY hingga saat ini dianggap menimbulkan multifsir berbagai pihak. Pada kesempatan itu, AMir juga memuji langkah-langkah yang dilakukan oleh Jokowi dengan bersafari ke basis-basis militer.

"Safari kepada penjaga dan pengawal demokrasi adalah langkah yang baik, namun akan lebih baik kalau safari dilakukan kepada para pemilik demokrasi," tutupnya.
Partai Demokrat Berharap Jokowi Undang SBY ke Istana Partai Demokrat Berharap Jokowi Undang SBY ke Istana Reviewed by Amborsius Ambarita on 11/17/2016 08:04:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.