Sikat Singapura 2-1, Indonesia ke Semifinal AFF Cup 2016

Indonesia mengalahkan Singapura 2-1 di AFF Cup 2016
Indonesia mengalahkan Singapura 2-1 di AFF Cup 2016. (Twitter @affsuzukicup)
Beritakepo.com. Manila - Timnas Indonesia berhasil lolos dari lubang jarum usai mengalahkan Singapura dengan skor 2-1. Dengan demikian, Garuda lolos ke semifinal AFF Cup 2016 sebagai runner-up Grup A dengan poin 4 menemani Thailand yang menjadi juara grup usai mengalahkan tuan rumah, Filipina dengan skor 1-0.

Pada laga ketiga Grup A yang dihelat di Rizal Memorial Stadium, Jumat (25/11/2016) malam WIB, Singapura memimpin 1-0 di babak pertama lewat gol Khairul Amri.

Di babak kedua, Indonesia yang terus menekan dan membuat sejumlah peluang, akhirnya mampu mencetak dua gol yang membawa mereka lolos ke semifinal. Pahlawan Indonesia adalah Andik Vermansah dan Stefano Lilipaly.

Kemenangan ini membawa Indonesia finis sebagai runner-up grup dengan 4 poin, menemani Thailand yang lolos dengan nilai 9 usai mengalahkan Filipina 1-0. Sementara Singapura ada di posisi ketiga dengan satu poin.

Jalannya Pertandingan

Indonesia langsung mengambil inisiatif serangan sejak peluit dibunyikan. Di menit kelima kiper Singapura, Hassan Sunny, harus bekerja keras untuk menepis sepakan bebas Stefano Lilipaly.

Singapura mendapat peluang pertamanya di menit ke-11 lewat Yasir Hanafi tapi bola masih melebar.

Andik Vermansah coba melepaskan tembakan spekulasi dari jarak jauh, tapi bola hanya menyasar sisi atas gawang.

Di menit ke-21, giliran Evan Dimas yang coba mengancam gawang Singapura tapi tembakannya masih melebar dari sasaran.

Singapura yang terus ditekan malah mampu memimpin lebih dulu di menit ke-27 lewat Khairul Amri. Berawal dari lemparan ke dalam dari sisi kiri, bola mengarah ke kotak penalti Indonesia dan disundul pemain Singapura.

Si kulit bundar menuju Amri yang bebas berada di sisi kanan dan tanpa kawalan dengan mudah melepaskan sepakan voli yang menghujam pojok atas gawang Kurnia Meiga.

Di menit ke-28, Boaz Solossa punya peluang juga untuk menyamakan kedudukan tapi Sunny bisa mengadang sepakan pemain asal Papua tersebut.

Demikian juga semenit kemudian lewat free kick Lilipaly yang kembali digagalkan oleh Sunny. Bola rebound disambar Bayu Pradana tapi masih melayang di atas mistar.

Tak ada gol tercipta lagi hingga turun minum sehingga Singapura tetap memimpin 1-0.

Masuk di babak kedua, Indonesia nyaris kebobolan dua menit setelah restart ketika kombinasi Muhammad Faris Ramli dan Amri membongkar pertahanan lawan. Tinggal berhadapan dengan Kurnia Meiga, sepakan Amri masih bisa dibendung.

Andik! Indonesia akhirnya berhasil menyamakan kedudukan jadi 1-1 di menit ke-62 lewat sepakan voli Andik meneruskan crossing Rizky Pora dari sisi kiri. Bola menghujam gawang tanpa bisa dihalau Sunny.

Lima menit setelahnya Boaz punya kans bikin gol tapi sepakannya bisa ditepis Sunny. Bola rebound disundul lagi Boaz tapi Sunny menangkapnya.

Di menit ke-76 Zulham Zamrun yang masuk sebagai pemain pengganti menggiring bola di sisi kanan dan begitu ada di kotak penalti, dia melepaskan sepakan yang bisa ditepis Sunny.

Indonesia berbalik memimpin 2-1 di menit ke-84 ketika Boaz yang berhasil mempertahankan bola mampu melepas umpan silang yang tak bisa diantisipasi bek Singapura. Di sana ada Lilipaly yang menyepak bola dengan kaki kanan dan bersarang di pojok kanan gawang.

Susunan Pemain

Singapura: Hasan Sunny, Hamzah, Mohana, Hameed, Bennet, Ramli (Jun Yi 91'), Harun, Baharudin, Hanapi (Shahril Ishak 76'), Kumar (Muhammad Shahfiq 84'), Khairul Amri

Indonesia: Kurnia Meiga, Benny Wahyudi (Manahati Lestusen 73'), Abduh Lestaluhu, Yanto Basna, Fachruddin, Bayu Pradana, Evan Dimas (Ferdinand Sinaga 58'), Rizky Pora (Zulham Zamrun 77'), Stefano Lilipaly, Andik Vermansah, Boaz Solossa.
Sikat Singapura 2-1, Indonesia ke Semifinal AFF Cup 2016 Sikat Singapura 2-1, Indonesia ke Semifinal AFF Cup 2016 Reviewed by Amborsius Ambarita on 11/25/2016 06:16:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.