Terbaring Sakit Liver di Bogor, Sutan Bhatoegana Kini Lemah dan Kurus

Sutan Bhatoegana terbaring di RS Bogor Medical Center Bogor
Sutan Bhatoegana terbaring di RS Bogor Medical Center Bogor
Beritakepo.com. Terpidana kasus korupsi APBN 2013 di Kementerian ESDM Sutan Bhatoegana kini terbaring di RS Bogor Medical Center Bogor. Foto kondisi terakhir politikus Partai Demkrat yang terkena kanker hati atau liver, mendadak viral di dunia maya karena kondisinya sangat menyedihkan.

Adalah Dedi Alamsyah Mannaroi, Direktur Eksekutif PT Duta Politika Indonesia yang pertama kali mengunggah foto tersebut pada Minggu (13/11/2016). Dalam foto itu, mantan Ketua Komisi VII DPR itu tampak sedang duduk di tempat tidur rumah sakit.

Dia berfoto dengan anggota Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat, Max Sopacua, yang berada di sebelah kanannya. Tampak, kondisi tubuh Sutan memilukan, badannya terlihat sangat kurus. Terlihat, Sutan mengenakan baju pasien dengan selang yang menancap di lehernya.

Sutan dan Max tampak bergandengan tangan seraya menghadap ke arah kamera. Dedi pun turut membubuhkan tulisan yang cukup mengharukan di unggahannya tersebut:

"Sepi rasanya pentas politik tanpa ocehan lepasnya. Kesehatan itu mahal, Bang Sutan Batoegana sudah memberikan pelajaran untuk kita semua. Siapapun abang, apapun masalah yang abang perbuat. Tuhan anjurkan untuk saling mendoakan sesama ciptaannya. Semoga cepat sembuh bang...."

Informasi kondisi kesehatan Sutan diperoleh dari Eggi Sudjana, pengacara yang mendampingi Sutan selama proses peradilan. "Kondisinya parah, karena livernya kena. Sering tidak sadarkan diri, jadi sering pinsan. Kondisinya semakin lemah dan kurus," kata Eggi dihubungi "PR", Senin, 14 November 2016.

Sebelumnya, Sutan di RS Medistra, Jakarta. Namun kemudian dipindah ke RS BMC Bogor agar lebih dekat dengan keluarga. "Selain dekat dengan keluarga, juga soal pertimbangan biaya," kata Eggi, seperti diberitakan Pikiran Rakyat.

Sudah sekitar seminggu Sutan dirawat di Bogor. Eggi sendiri terakhir bertemu dengan Sutan, saat sebelum dirawat. "Tapi saya bertetangga dengan Pak Oman, besan Pak Sutan. Dari beliau saya dapat perkembangan riwayat kesehatan Pak Sutan," tuturnya.

Eggi memprihatinkan kondisi Sutan yang memburuk ini. Menurut dia, gangguan kesehatan ini terkait dengan kondisi psikisnya setelah dijatuhi vonis 10 tahun penjara oleh Pengadilan Tipikor Jakarta kemudian diperberat menjadi 12 tahun oleh Mahkamah Agung.

"Mungkin dia sakit hati, sehingga menggerogoti secara fisik. setiap besuk dia bilang merasa sangat dizalimi," kata Eggi.

Eggi masih pada pendiriannya, tidak ada bukti yang menunjukkan Sutan menerima uang gratifikasi senilai Rp 2 miliar saat menjabat sebagai Ketua Komisi VII.
Terbaring Sakit Liver di Bogor, Sutan Bhatoegana Kini Lemah dan Kurus Terbaring Sakit Liver di Bogor, Sutan Bhatoegana Kini Lemah dan Kurus Reviewed by Amborsius Ambarita on 11/13/2016 08:20:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.