Terkait Ricuh Demo 4 November, Sekjen HMI Ami Jaya Halim Ditangkap

Anggota HMI, Ismail Ibrahim saat ditangkap
Anggota HMI, Ismail Ibrahim saat ditangkap. (Detikcom)
Beritakepo.com. Jakarta - Polisi meringkus Sekjen HMI Ami Jaya Halim dan anggota HMI Ismail Ibrahim. Selain itu ada 3 orang anggota HMI lainnya yang juga ditangkap. Mereka ditangkap pada Senin (7/11) malam hingga dini hari tadi di beberapa lokasi seperti di Jakarta Selatan dan di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat.

"Ada 5 (yang ditangkap) II, AH, RR, MRD dan RM," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono, Selasa (8/11/2016), seperti diberitakan Detikcom.

"II (Ismail Ibrahim) dan AJ itu dari Unas, RR mahasiswa Jayabaya, MRD mahasiswa Universitas Islam Attahariyah dan RM itu dari Universitas Ibnu Khaldun," jelas Awi.

"HMI semua," sambung Awi menegaskan. Menurut Awi, kelimanya ditangkap malam tadi sekitar pukul 00.00 WIB di berbagai wilayah di Jakarta.

"Semua sama, terkait penyerangan kepada petugas saat demo kemarin (4 November)," ujar Awi.

Sementara, Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Rudy Herianto Adi Nugraha mengatakan, Ami dikenakan Pasal 214 jo 212 KUHP atas perbuatannya tersebut.

"Soal ditahan atau tidaknya nunggu hasil pemeriksaan 1x24 jam," pungkasnya.

Menurut Wasekjen PB HMI Ilham Akbar, Ami dijemput polisi di Sekretariat PB HMI, Jalan Sultan Agung No 25A, Jakarta Selatan, sekitar pukul 00.00 WIB dini hari. Polisi datang dengan membawa surat penangkapan dan penggeledahan di gedung tersebut. Menurut Polisi, penangkapan Ami Jaya terkait demo 4 November.

Sementara, Ismail diringkus di rumah anggota DPD RI Basri Salama di kawasan Pejaten Barat, Jakarta Selatan, Selasa 8 November 2016 sekitar pukul 20.00 WIB. Sejumlah barang bukti juga diamankan saat polisi menangkap Ismail. Ada baju dan atribut yang digunakannya saat aksi demo 4 November.

HMI akan mengadukan penangkapan anggotanya itu ke Komnas HAM, Kompolnas dan Komisi III DPR RI.

"Pertama, kita bentuk kuasa hukum. Kita juga akan adukan perlakuan polisi ke Komnas HAM dan Kompolnas," kata Ketua Umum PB HMI Mulyadi P Tamsir.

Menurutnya, pengaduan ke Komnas HAM dan Kompolnas dikarenakan Sekertaris Jenderal (Sekjen) HMI Ami Jaya ditangkap tanpa ada alasan yang jelas. Tidak hanya itu, Mulyadi menyebut polisi menangkap Ami Jaya dengan menggunakan cara pemaksaan.

"Juga tidak boleh didampingi oleh kuasa hukum," ucapnya.
Terkait Ricuh Demo 4 November, Sekjen HMI Ami Jaya Halim Ditangkap Terkait Ricuh Demo 4 November, Sekjen HMI Ami Jaya Halim Ditangkap Reviewed by Amborsius Ambarita on 11/07/2016 06:45:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.